Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Cara Menggunakan Lemon untuk Membersihkan Area dan Benda di Rumah

Kompas.com - 07/06/2022, 08:22 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Lemon merupakan buah yang memiliki rasa segar dan biasanya digunakan untuk memasak dan membuat minuman segar.

Bahkan sisa lemon bisa digunakan untuk membersihkan berbagai area dan permukaan di rumah

Baca juga: 6 Benda Rumah Tangga yang Dapat Dibersihkan dengan Lemon

Kualitas asam dan antibakteri dalam lemon dapat menghilangkan noda dan bau sehingga cocok membersihkan dan mencerahkan permukaan, peralatan, furnitur, bahkan pakaian

Dilansir dari Mind Body Green, Selasa (7/6/2022), berikut cara menggunakan lemon untuk membersihkan area dan benda di rumah.  

Pembersih serbaguna cuka dan lemon

Ilustrasi lemon. UNSPLASH/JULIA PERETIATKO Ilustrasi lemon.
Untuk membuat pembersih dari lemon, Anda harus menambahkan cuka ke dalamnya. Cuka adalah pembersih efektif yang sangat bagus untuk membersihkan lemak dan kotoran serta menghilangkan bau.  

Baca juga: 7 Benda di Rumah yang Bisa Dibersihkan dengan Air Perasan Lemon 

Bahan dan alat yang diperlukan 

  • Sebuah stoples berukuran satu liter,
  • 1½ hingga dua cangkir kulit lemon,
  • Tiga hingga empat cangkir cuka putih,
  • Kain katun tipis, dan
  • Corong atau saringan. 

Baca juga: Catat, 10 Benda Dapur Ini Bisa Dibersihkan dengan Lemon

Cara membuat 

1. Isi stoples dengan 1½ hingga dua cangkir kulit lemon cincang sampai hampir penuh, kemudian tuangkan tiga hingga empat cangkir cuka putih di atasnya, dan tutupi lemon. 

2. Tutup dengan penutup yang tidak reaktif atau meletakkan selembar kertas lilin di antara stoples dan tutupnya jika menggunakan penutup logam standar.

3. Simpan larutan tersebut pada tempat yang sejuk dan gelap sekitar satu bulan. Periksa infus sesering mungkin dan tambahkan lebih banyak cuka jika perlu.

4. Setelah sekitar satu bulan, tuang cuka dengan menuangkannya melalui corong berlapis kain kasa ke dalam wadah bersih. Nah, larutan ini sudah bisa digunakan sebagai pembersih serbaguna. 

Baca juga: Simak, Manfaat Mencuci Seprai Putih dengan Air Perasan Lemon 

Pembersih dari potongan lemon 

Ilustrasi lemon. UNSPLASH/MATHILDE LANGEVIN Ilustrasi lemon.
Dalam keadaan darurat, Anda tidak perlu membuat semprotan cuka untuk mendapatkan manfaat dari daya gosok lemon.

Cukup gunakan bagian lemon yang dipotong setengah untuk melapisi permukaan atau peralatan dengan air perasan lemon, lalu biarkan cairan meresap selama beberapa menit, dan terakhir membilasnya sampai bersih. 

Dengan metode ini, Anda dapat membuat meja, wastafel, talenan, dan faucet bersinar kembali dalam waktu singkat. Anda juga dapat meningkatkan efek lemon dengan menggunakan sedikit garam seperti berikut ini. 

Baca juga: Cara Membersihkan Talenan Kayu dengan Lemon dan Garam Kosher

  • Rendam peralatan atau alat saji yang bau ke dalam campuran garam dan air lemon, lalu bilas setelah 10-20 menit. Cara ini juga bisa menghilangkan aroma bawang putih yang tersisa.
  • Iris lemon menjadi dua bagian dan celupkan ke dalam garam sebelum menggosok panci dan wajan dari kuningan, tembaga, atau baja tahan karat. Untuk aluminium, hindari garam dan gosok dengan kain lembut setelah dibilas.
  • Taburkan garam dan air perasan lemon pada noda yang ada pada kain. Gosok bagian yang terkena noda bersama-sama dengan lembut dan keringkan kain di bawah sinar matahari untuk mengembalikan kilaunya dan tidak rusak. 

Baca juga: 6 Cara Memanfaatkan Buah Lemon untuk Membersihkan Kamar Mandi 

Uap lemon 

Setelah menggosok semua permukaan, selesaikan pembersihan dengan mencoba teknik penyegar udara ini:

  • Campurkan potongan lemon atau sisa kulit lemon dengan air dalam panci dan letakkan di atas kompor dengan api kecil sampai mengeluarkan uap.
  • Tambahkan bumbu dan rempah lain untuk menyesuaikan aroma yang dikeluarkan oleh uap.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com