Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Noda Kuning pada Seprai dengan 2 Bahan di Dapur

Kompas.com - 18/05/2022, 22:25 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seprai bersentuhan langsung dengan tubuh setiap harinya. Untuk itu, tak jarang seprai yang sebelumnya memiliki warna yang lebih cerah lama-lama akan memudar, bahkan ada beberapa seprai yang menguning. 

Dilansir dari Apartment Therapy, Rabu (18/5/2022), faktanya adalah bahwa sebagian besar minyak tubuhlah yang membuat seprai menjadi kotor.

Satu-satunya hal yang lebih buruk adalah noda ini tidak mudah hilang dengan sekali pencucian biasa saja.

 

Baca juga: 6 Tips Mengatasi Seprai yang Sering Bergeser dari Kasur

Ilustrasi seprai dan sarung bantal bermotif gingham atau kotak-kotak. SHUTTERSTOCK/URSULA PAGE Ilustrasi seprai dan sarung bantal bermotif gingham atau kotak-kotak.

Oleh sebab itu, harus ada trik khusus untuk mencuci agar noda menguning ini hilang. Berikut cara menghilangkan noda kuning dan kotor di seprai. 

Gunakan soda kue dan cuka 

Untuk menghilangkan noda kuning pada seprai, tambahkan sekitar satu cangkir soda kue ke drum mesin cuci, lalu tambahkan cuka putih suling ke dispenser pelembut kain sebelum proses pencucian dilakukan.

Namun, hal yang perlu diketahui adalah mekanisme pemberian dosis dua bahan ini saat proses pencucian penting untuk diperhatikan.

Sebab, membiarkan cuka dan soda kue untuk bercampur dalam proses pencucian akan membuat dua bahan ini tidak bekerja dengan efektif.

 

Baca juga: Mengapa Seprai Baru Terasa Kaku? Ini Cara Mencucinya

Sebaliknya, memisahkan dua bahan ini dalam proses pencucian, memungkinkan mereka masing-masing untuk melakukan tugasnya lebih baik tanpa gangguan.

Pasalnya, cuka akan dilepaskan kemudian dalam siklus melalui dispenser pelembut kain di mesin cuci. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com