Kompas.com - 18/05/2022, 21:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Bagi keluarga yang gemar memasak, memiliki wajan antilengket tentunya sangat membantu kegiatan memasak.

Dari beragam menu yang dapat diolah, ada beberapa yang dapat menempel pada wajan biasa sehingga akan menyulitkan proses pembersihan, bahkan proses pengambilan makanan dari wajan.

Baca juga: 5 Tanda Alat Masak Antilengket Tidak Aman Digunakan dan Perlu Diganti

Oleh karena itu, wajan antilengket kerap dicari oleh beberapa orang yang sedang berbelanja peralatan dapur.

Disadur dari Renonation, Rabu (18/5/2022), wajan antilengket dilapisi oleh politetrafluoroetilena (PTFE) yang dapat mengurangi gesekan antara bahan makanan dengan permukaan wajan.

Ilustrasi memasak dengan wajan, wajan antilengket. PEXELS/KETUT SUBIYANTO Ilustrasi memasak dengan wajan, wajan antilengket.

Walhasil, makanan tidak mudah menempel di wajan. Mereka adalah peralatan dapur yang mudah digunakan dan mampu menghantarkan panas dengan lebih merata.

Akan tetapi, hal ini akan sulit dicapai dan bahkan kamu harus mengganti wajan secara rutin jika tidak dirawat dengan baik. Lantas, seperti apa cara merawat wajan antilengket agar tidak rusak dan tahan lama?

Baca juga: 7 Kebiasaan yang Bisa Merusak Panci Antilengket

Cara merawat wajan antilengket

Seperti yang dikatakan sebelumnya, permukaan wajan antilengket dilapisi oleh PTFE sehingga makanan tidak mudah menempel.

Jika wajan tidak dirawat dengan baik, lapisannya dapat rusak dan meningkatkan kemungkinan dilepaskannya zat beracun. Jadi, gunakan wajan secara hati-hati.

  • Perhatikan suhu panas

Wajan antilengket tidak cocok untuk memasak dengan suhu panas yang kuat, dan memasak untuk waktu yang lama seperti memasak sup. Mereka kurang direkomendasikan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber Renonation
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.