Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Membongkar Barang Secara Efisien Saat Pindah ke Rumah Baru

Kompas.com - 15/05/2022, 19:55 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com – Mengemas barang-barang bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan saat hendak pindah rumah

Saat mengemas barang, orang-orang dapat memilah barang apa saja yang dibutuhkan, sudah usang, jarang dipakai, atau tidak cocok dengan gaya desain interior rumah baru.

Baca juga: 4 Perkakas yang Dibutuhkan Saat Pindah Rumah

Hal tersebut menjadi menyenangkan karena ada saja barang-barang yang membuat kamu  mengingat suatu kejadian pada masa lalu sehingga menciptakan pembicaraan dengan anggota keluarga.

Namun, berbeda dengan mengemas barang-barang, membongkar barang di rumah baru bisa dikatakan kurang disukai karena menguras energi, ditambah perlu menatanya kembali. 

Namun, tak perlu khawatir, dikutip dari The Spruce, Minggu (15/5/2022), ada sejumlah tips membongkar barang secara efisien serta lebih menghemat tenaga dan waktu seperti berikut ini. 

Baca juga: 4 Ide Kegiatan untuk Dilakukan Setelah Pindah ke Rumah Baru

Buat dan periksa daftar barang

Memindahkan barang-barang, terutama barang berat, juga termasuk aktivitas rumah tangga yang bisa membakar kalori cukup banyak.PEXELS/MART PRODUCTION Memindahkan barang-barang, terutama barang berat, juga termasuk aktivitas rumah tangga yang bisa membakar kalori cukup banyak.

Saat mengemas barang, sebaiknya membuat daftar barang yang ada di setiap kotak guna memudahkan proses pembongkaran karena kamu sudah mengetahui isi kotak yang hendak dibuka.

Idealnya, pengemasan barang melibatkan barang-barang yang disusun berdasarkan kegunaan atau ruangan. Pastikan memeriksa label pada kotak dan daftar barang yang sudah dibuat sebelum mulai membongkarnya. 

Baca juga: 6 Tips Pindah Rumah agar Berjalan Lebih Mudah

Keluarkan barang yang penting

Setelah memeriksa label dan daftar barang, tentukan dan mulai membongkar kotak yang berisi barang-barang penting.

Kotak ini harus menjadi salah satu kotak pertama yang diturunkan dari truk atau mobil. Ini berisi barang penting yang dibutuhkan untuk menjaga rumah tetap berjalan dalam jangka pendek. 

Biasanya, barang-barang penting ini mencakup perlengkapan kamar mandi, obat-obatan, buku, dokumen penting, pengisi daya telepon dan komputer, dan beberapa bahan makanan dasar.

Baca juga: Bolehkah Memindahkan Kulkas dengan Cara Dibaringkan? 

Atur dapur terlebih dulu 

Ilustrasi pindah rumah, pindah ke rumah kontrakan.SHUTTERSTOCK/GORODENKOFF Ilustrasi pindah rumah, pindah ke rumah kontrakan.

Bukalah kotak berisi perlengkapan dapur terlebih dulu saat membongkat barang ketika tiba di rumah baru. Rapikan barang-barang yang perlu ditaruh di lemari dan rak dapur baru.

Jika tidak punya cukup waktu, keluarkan barang-barang yang benar-benar dibutuhkan, termasuk panci dan wajan.

Atur peralatan dapur utama dan sambungkan peralatan kecil yang dibutuhkan ke sumber listrik jika perlu seperti mesin pembuat kopi atau pemanggang roti. Kamu dapat kembali mengatur isi dapur setelah barang-barang untuk ruangan lain dibongkar.  

Baca juga: 9 Tips Mengatur Dapur Menurut Feng Shui untuk Memperoleh Kemakmuran

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com