Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 27/04/2022, 20:58 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Beberapa meja memiliki desain yang memungkinkan permukaannya (tabletop) untuk dilepas dan dipasang kembali.

Umumnya, permukaan meja seperti ini memudahkan pemiliknya mengganti permukaan jika materialnya sudah terlihat aus atau tidak layak pakai.

Baca juga: Pertimbangkan 4 Hal Ini Sebelum Membeli Meja Kaca

Salah satu permukaan meja lepas-pasang yang kerap ditemui di toko-toko furnitur rumah tangga adalah kaca

Disadur dari M&T Glass, Rabu (27/4/2022), kaca telah menjadi fitur tambahan untuk permukaan meja sejak lama dan masih populer hingga kini.

Apabila memiliki kerangka meja yang permukaannya bisa dilepas dan dipasang kembali, kamu bisa coba mengganti permukaannya dengan kaca jika sebelumnya menggunakan material kayu. 

Ada beberapa permukaan meja di rumah yang bisa dilapisi kaca seperti berikut ini. 

Baca juga: Tips Membersihkan Meja Kaca dari Noda Bintik Putih yang Membandel

Permukaan meja makan

Ilustrasi meja kaca, ilustrasi dapur, ilustrasi meja makan.SHUTTERSTOCK / adpePhoto Ilustrasi meja kaca, ilustrasi dapur, ilustrasi meja makan.

Kaca transparan bisa dijadikan sebagai permukaan meja makan untuk menciptakan ilusi ruang makan terlihat lebih besar.

Saat ini, semakin banyak orang memilih kaca sebagai material permukaan meja ruang makan untuk alasan tersebut, khususnya mereka yang memiliki ruang makan kecil.

Untuk mempercantik tampilan permukaan meja kaca, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menutupnya dengan taplak meja seperti taplak warna-warni untuk menambahkan warna ke ruang makan.

Baca juga: 4 Tips Memilih Meja Makan Terbaik untuk Menghangatkan Suasana

Pelapis meja kopi

Meja kopi menjadi salah satu fitur pelengkap ruang keluarga yang fungsional. Meja kopi dapat menjadi dekorasi atau titik fokus sebuah ruangan serta tempat penyimpanan ekstra.

Untuk membuat titik fokus ruang keluarga ini terlihat semakin indah, lapisi permukaannya dengan kaca.

Sebagai dekorasi tambahan, selipkan beberapa majalah atau foto yang ingin dipamerkan di antara permukaan meja kopi dengan kaca. 

Baca juga: Produktif Selama WFH, Letakkan 3 Tanaman Ini di Meja Kerja 

Permukaan meja kerja

Ilustrasi meja kopi sebagai elemen dekorasi rumah.UNSPLASH/HANNAH BUSING Ilustrasi meja kopi sebagai elemen dekorasi rumah.
Apabila ingin membuat meja kerja terlihat lebih profesional atau lebih mewah, menggunakan kaca adalah salah satu cara paling mudah  merealisasikannya.

Permukaan meja kerja yang diganti atau dilapisi kaca dapat membuatnya terlihat menarik serta memudahkan membersihkan meja. 

Apabila meja kerja terbuat dari material kayu yang mudah rusak, terlebih tidak dirawat dengan baik, melapisinya dengan kaca merupakan cara menjaganya dari kerusakan, baik karena terpapar cairan maupun tergores benda tajam. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com