Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Cara Memilih Agen Properti yang Tepat, Simak Sebelum Membeli Rumah

Kompas.com - 14/04/2022, 09:20 WIB
Nabilla Ramadhian,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada beragam alasan mengapa seseorang ingin membeli rumah baru, mulai dari mencari lokasi yang dekat dengan area esensial seperti pasar dan sekolah, hingga akses yang mulus dan bebas macet.

Namun, proses pencarian rumah yang sesuai dengan kriteria tidaklah mudah. Untuk itu, menggunakan jasa agen real estate menjadi salah satu pilihan untuk memudahkannya.

Baca juga: Ingin Membeli Rumah Tua? Pertimbangkan 4 Hal Ini Dulu

Mereka dapat membantumu mencari kediaman yang tepat untukmu. Akan tetapi, kamu pun perlu hati-hati saat mencari agen real estate.

Untuk itu, dikutip dari My Decorative, Kamis (14/4/2022), ada dua cara untuk mendapatkan agen real estate yang tepat, yakni sebagai berikut.

Ilustrasi rumah tua. Shutterstock/Resul Muslu Ilustrasi rumah tua.

Kemampuan komunikasi yang bagus

Saat sedang mencari agen real estate, pastikan mereka memiliki kemampuan komunikasi yang mumpuni guna mempermudah pencarian rumah.

Baca juga: Ini Kendala dan Kriteria Milenial dalam Membeli Rumah

Kemampuan ini memungkinkanmu mendapatkan pesan apa pun yang dibutuhkan terkait properti, dan menjawab seluruh pertanyaan yang mungkin kamu butuhkan tanpa adanya miskomunikasi.

Berpengalaman

Selanjutnya, tanyakan berapa lama mereka telah bekerja sebagai agen real estate. Perhatikan juga sejauh mana pengetahuan mereka seputar properti.

Hal lain yang perlu ditanyakan seputar pengalaman calon agen real estate adalah seberapa cepat mereka pernah menjual tempat tinggal dan mendapatkan klien dengan cepat. Jangan lupa untuk tanyakan berapa biaya yang mereka kenakan jika ingin menggunakan jasanya.

Baca juga: Ketahui, 6 Faktor Penting dalam Mencari Rumah Idaman

Agen yang menjanjikan adalah mereka yang telah berkecimpung dalam bisnis ini untuk waktu yang lama, dan telah menjual banyak rumah dengan cukup cepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com