Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/04/2022, 15:02 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Bulu-bulu kucing yang tumbuh menutupi tubuhnya bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk kucing. Salah satu keistimewaan bulu kucing yang membuatnya unik dan berbeda adalah corak pada bulunya.

Jenis corak pada bulu kucing dapat membuat tampilan kucing mirip dengan hewan lain. Misalnya saja pola garis dan tutul yang membuat kucing terlihat seperti seperti harimau atau macan tutul.

Melansir dari Reader’s Digest, Minggu (10/4/2022), berikut ini merupakan 8 jenis kucing yang memiliki tampilan fisik menyerupai harimau.

Baca juga: Ragam Hal yang Membuat Kucing Peliharaan Tidur di Dekat Pemiliknya

Bengal

Kamu tentu tidak asing dengan nama bengal sangat identik dengan harimau bengal. Kucing bengal mulai dikembangbiakkan pada tahun 1960 dari persilangan macan tutul liar dan berbagai kucing domestik.

Kucing ini memiliki tubuh berukuran sedang dengan ekor tebal, tubuh panjang dan kaki belakang yang kuat.

Kaki ini memungkinkan mereka untuk melompat dengan tinggi. Keunikannya ada pada bulu dengan pola garis-garis seperti harimau dan pola melingkar seperti pada macan tutul.

Baca juga: 7 Alasan Mengapa Kucing Suka ke Kamar Mandi

Toyger

Kucing jenis ini sengaja dikembangbiakkan agar mirip dengan harimau. Toyger merupakan persilangan dari harimau bengal dengan kucing liar di jalanan India.

Ia memiliki pola garis-garis pada bagian tubuhnya dengan warna oranye, emas dan merah. Toyger bisa menjadi hewan peliharaan yang cukup manis, namun pastikan ia mendapatkan aktivitas fisik yang diperlukan.

Baca juga: 6 Ras Kucing Bermata Biru yang Indah dan Menggemaskan

Savannah

Ilustrasi cheetah, dikenal sebagai hewan tercepat di duniaSHUTTERSTOCK/slowmotiongli Ilustrasi cheetah, dikenal sebagai hewan tercepat di dunia

Kucing savannah memiliki bentuk tubuh yang mirip macan dengan pola totol hitam pada bulunya.

Meskipun memiliki kemiripan dengan macan, kucing ini memiliki kepribadian seperti kucing rumahan biasa. Ia bisa menjadi hewan peliharaan yang menyenangkan dan jinak.

Baca juga: 7 Fakta Menarik Soal Kucing Bermata Biru

Egyptian mau

Kucing asli Mesir ini diklasifikasikan sebagai hewan suci dan banyak digambarkan pada karya seni Mesir kuno.

Egyptian mau memiliki pola garis berwarna gelap pada bulunya yang membuatnya mirip dengan harimau. Mereka juga dikenal karena kelincahan dan kecepatannya yang menakjubkan.

Baca juga: Kenali, Ini Tanda-tanda Kucing Mengalami Dehidrasi

Ocicat

Nama Ocicat berasal dari Ocelot yang berarti kucing liar dengan garis kecil. Karakteristik tubuhnya berotot dan kuat seperti harimau. Jika kamu mencari kucing yang sudah disayang, ocicat sangat cocok untukmu.

Cheetoh

Cheetoh dikenal sebagai kucing yang energik dan suka bermain. Pola pada bulunya membuat cheetoh terlihat seperti cheetah, namun ia juga memiliki pola garis seperti harimau. Jika kamu mencari kucing mirip harimau yang setia dan mudah dilatih, cheetoh dapat menjadi pilihannya.

Baca juga: Bintik-bintik di Ujung Bulu Kucing, Penyebab dan Cara Menanganinya

Chausie

Kucing chausie memang tidak memiliki pola garis pada bulunya, namun ia memiliki ciri fisik lain yang menyerupai harimau. Chausie memiliki telinga runcing dengan, bentuk mata dan kaki miring yang membuat nya terlihat seperti harimau.

Abyssinian

Memiliki tubuh kuat dan ramping merupakan kelebihan kucing abyssinian. Mereka juga dikenal sebagai kucing yang menyukai aktifitas fisik, cerdas dan penyayang.

Namun mereka kurang cocok dengan kucing lain karena mereka menginginkan perhatian penuh. Jika kamu memiliki lebih dari satu kucing dirumah, pertimbangkan hal ini sebelum memelihara abyssinian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com