Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Mudah Atasi Setrika yang Tidak Panas saat Digunakan

Kompas.com - 01/04/2022, 12:08 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Setrika merupakan alat elektronik yang pasti dimiliki oleh setiap rumah tangga. Alat ini memiliki fungsi penting dan digunakan hampir setiap hari untuk merapikan pakaian yang kusut setelah dicuci.

Melalui energi listrik, setrika menghasilkan panas yang digunakan untuk menghaluskan pakaian yang kusut.

Namun apa yang terjadi jika setrika tidak juga panas saat akan digunakan? Apakah sebaiknya menggantinya dengan yang baru?

Melansir dari Beko, Jumat (01/04/2022), sebelum memutuskan untuk membeli setrika yang baru, sebaiknya lakukan pengecekkan beberapa pada unit setrika seperti di bawah ini.

Baca juga: 7 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Setrika Uap

Pastikan stop kontak berfungsi

Saat menggunakan setrika, pastikan kamu sudah mencolokkan kabel ke stopkontak yang berfungsi dengan baik.

Jika setrika tak kunjung panas, cobalah untuk menggunakan stop kontak yang lain. Apabila setrika mulai panas, berarti kerusakan ada pada stopkontak yang kamu gunakan sebelumnya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Residu Lengket pada Elemen Pemanas Setrika

Periksa kabelnya

Ilustrasi setrika yang berkerak hitam.SHUTTERSTOCK/YUSHCHUK MYROSLAVA Ilustrasi setrika yang berkerak hitam.

Ketika masalah bukan pada stop kontak yang rusak, cobalah untuk memeriksa kabelnya. Kabel bisa saja rusak karena terlilit atau digigit hewan seperti tikus ataupun kucing.

Apabila terdapat area kabel yang terbuka, sebaiknya perbaiki. Kabel yang terbuka dan teraliri listrik akan sangat berbahaya.

Baca juga: Muncul Serbuk Putih pada Setrika? Ini Cara Mengatasinya

Periksa pengaturan suhu

Saat setrika tidak juga panas padahal sudah tersambung dengan aliran listrik, cobalah periksa kenop pengaturan suhu di bagian tengah setrika.

Pastikan kenopnya sudah berputar dan tidak pada posisi MIN. Putar kenop searah jarum jam untuk menyesuaikan suhu dan jenis kain yang akan kamu setrika.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kain yang Meleleh di Bagian Bawah Setrika Uap

Pastikan lampu indikator menyala

Setelah kamu mencolokkan setrika dan menyesuaikan suhu, indikator termostat akan menyala. Jika lampu tidak menyala dan setrika tidak panas setelah beberapa menit, elemen pemanas mungkin telah terbakar.

Dalam kebanyakan kasus, jika lampu indikator tidak menyala dan setrika tak juga panas maka sudah tidak ada gunanya memperbaiki setrika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com