Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemutih Vs Baking Soda, Mana yang Lebih Ampuh Membersihkan Pakaian Putih?

Kompas.com - 18/03/2022, 09:24 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjaga kebersihan pakaian putih menjadi tantangan tersendiri. Tidak peduli seberapa hati-hati Anda dengan pakaian putih, noda pasti terjadi.

Noda pada pakaian putih mungkin berasal dari tumpahan, menguning karena usia atau keringat, atau sengaja mencuci pakaian putih dengan blau cuci.

Dikutip dari The Spruce, Jumat (18/3/2022), pemutih dan soda kue alias baking soda sama-sama bekerja dengan baik untuk mencuci pakaian putih. Akan tetapi, perlu dipahami bahwa keduanya melakukan tugas yang berbeda.

Baca juga: 3 Bahan Alami yang Ampuh Membersihkan Noda Minyak pada Pakaian

Ilustrasi pemutih. SHUTTERSTOCK/CASSIOHABIB Ilustrasi pemutih.

Seperti namanya, pemutih akan memutihkan atau mencerahkan pakaian. Adapun baking soda membuat pakaian beraroma segar setelah dicuci.

Namun demikian, mana yang lebih ampuh untuk mencuci pakaian putih? Berikut penjelasannya.

Pemutih klorin

Pemutih telah menjadi produk standar untuk mengembalikan pakaian putih ke kondisi putih bersih selama bertahun-tahun. Bila digunakan dengan benar, pemutih unggul dalam menghilangkan noda dan kotoran dari pakaian putih dan membersihkan pakaian.

Jika Anda memiliki mesin cuci tanpa dispenser pemutih, tuangkan setengah cangkir pemutih ke dalam air cucian setelah menambahkan deterjen tetapi sebelum menambahkan pakaian.

Baca juga: Melembutkan hingga Usir Bau, Ini 7 Manfaat Cuka untuk Mencuci Pakaian

Pada mesin cuci yang memiliki dispenser pemutih, cukup isi dispenser hingga garis pengisian tanpa mengukur. Pada mesin cuci ekstra besar, gunakan satu cangkir pemutih yang ditambahkan ke air setelah deterjen ditambahkan dan sebelum menambahkan pakaian.

Sebagian besar kain putih dan beberapa pakaian berwarna dapat dibersihkan dengan pemutih. Namun, jangan gunakan pemutih pada pakaian atau kain berbahan wol, spandeks sutra, kulit, atau mohair.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com