Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menjemur Pakaian Putih di Bawah Sinar Matahari Bisa Mencerahkannya?

Kompas.com - 10/03/2022, 22:17 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mencuci dan menjemur pakaian di bawah sinar matahari langsung tak hanya membuatnya kering sempurna, tapi juga bisa mencerahkan pakaian putih secara alami tanpa menggunakan detergen khusus atau bahan kimia.

Dilansir dari Apartment Therapy, Kamis (10/3/2022), untuk mendapatkan hasil tersebut, Anda perlu mencuci pakaian seperti biasanya, kemudian menambahkan satu cangkir perasan air lemon ke dalam cucian.

Baca juga: 6 Jenis Pakaian yang Sebaiknya Tidak Dicuci dengan Mesin Cuci

Bisa pula menambahkan perasan air lemon ke dalam botol semprot dan menyemprotkannya langsung ke pakaian yang bernoda bandel. 

Setelah siklus pencucian selesai, segera bawa semua cucian basah ke luar ruangan di bawah sinar matahari dan gantung sedatar mungkin.

Jika menggunakan tali jemuran, pastikan mengenakan gantungan baju, bukan dilipat menjadi dua agar sinar matahari dapat mencapai semua permukaan. 

Jemur pakaian di bawah sinar matahari selama beberapa jam dan Anda akan mendapatkan warna putih yang lebih cerah tanpa bahan pemutih keras. 

Baca juga: Cara Terbaik Mencuci Pakaian Berlabel Hand Wash Only 

Apakah metode ini benar-benar berhasil? 

Ilustrasi menjemur pakaianSHUTTERSTOCK / nednapa Ilustrasi menjemur pakaian
Untuk membuktikan cara ini berhasil atau tidak, dilakukan sebuah tes pertama dengan sepasang kaus kaki yang kotor dan terdapat noda cat.

Awalnya, metode pemutihan sinar matahari dilakukan untuk kaus kaki bagian kiri yang sebelumnya dicuci menggunakan campuran perasan air lemon dan air.

Kemudian, untuk kaus kaki bagian kanan, tidak menggunakan metode tersebut. Namun, hasilnya kaus kaki tidak secerah yang diinginkan. 

Baca juga: Cara Tepat Membersihkan Noda Deodoran pada Pakaian Putih

Hal ini berbeda ketika mencuci kain piring yang lebih tipis dan menjemurnya di bawah sinar matahari selama delapan jam dan hasilnya kain tersebut lebih cerah. 

Hasil dari pengujian ini adalah kain katun tipis seperti kain dapur atau lap piring akan mencerahkan secara signifikan lebih cepat daripada kain yang lebih tebal ketika dijemur di bawah sinar matahari selama 8 jam.

Jadi, pastikan mempertimbangkan hal ini saat menjemur pakaian di bawah sinar matahari.

Jika mencoba mencerahkan linen yang lebih tebal seperti handuk kain terry, kaus kaki, dan kain lainnya, jemur di bawah sinar matahari dalam waktu lama. Di penghujung hari, pakaian atau kain ini akan lebih cerah dan harum tanpa pemutih. 

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Permasalahan yang Sering Dialami Saat Mencuci Pakaian 

Pemutih ramah lingkungan dan bebas kimia 

Ilustrasi menjemur pakaian, mencuci pakaian.SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO Ilustrasi menjemur pakaian, mencuci pakaian.
Memutihkan pakaian menggunakan sinar matahari adalah alternatif alami yang bagus dibanding pemutih dan detergen yang bisa bereaksi terhadap kulit sensitif serta merusak lingkungan.

Selain itu, metode ini bisa mengurangi penggunaan listrik dan membantu membunuh bakteri.

Namu, jika tinggal di ruang kecil dan tidak memiliki kemampuan menjemur pakaian dengan aman di bawah sinar matahari, Anda dapat melakukannya di dalam ruangan.

Gantung pakaian atau diletakkan rata di bawah sinar matahari langsung. Namun, cara ini memerlukan waktu lebih lama untuk mencerahkan pakaian putih daripada menjemurnya di luar ruangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com