Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Tepat Membersihkan Noda Deodoran pada Pakaian Putih

Kompas.com - 08/03/2022, 20:05 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Noda deodoran pada pakaian putih sulit dihilangkan, bahkan hingga berbulan-bulan.

Noda deodoran biasanya meninggalkan warna kuning pada bagian ketiak pakaian putih. Tentu saja ini mengganggu penampilan ketika mengenakan pakaian tersebut.  

Baca juga: Teknik Menghilangkan Noda Deodoran dan Kuning pada Ketiak

Namun, alih-alih membuangnya atau menjadikannya kain lap, ada cara menghilangkan noda deodoran ini.

Dilansir dari Southern Living, Selasa (8/3/2022), Clorox, sebuah brand berbagai produk kebersihan pakaian, membagikan cara membersihkan noda deodoran pada pakaian.

Pertama, campurkan satu cangkir hidrogen peroksida dengan satu cangkir baking soda dan satu cangkir air keran. Selanjutnya, rebus air kurang-lebih dua gelas sampai mendidih.  

Atur pakaian pada bak mandi atau tempat lainnya, tapi bagian ketiak berada di atas. Dengan cara ini, Anda tidak perlu memindahkan pakaian sambil mengatasi noda.

Baca juga: 6 Bahan Ini Efektif Hilangkan Noda Deodoran di Pakaian

Ilustrasi pakaian putih. FREEPIK/BUBLIKHAUS Ilustrasi pakaian putih.
Selanjutnya, tuangkan air mendidih dengan hati-hati ke atas noda deodoran untuk mencairkan sisa kotoran yang masih menempel pada pakaian. 

Biarkan sebagian air panas mengalir dari pakaian ke dalam bak mandi. Anda dapat menggunakan sarung tangan atau penjepit tahan panas untuk menangani pakaian.

Selanjutnya, oleskan larutan baking soda dan hidrogen peroksida pada noda selama lima menit. Terakhir, cuci pakaian dengan mesin cuci, air hangat, dan pemutih dalam jumlah yang sesuai. 

Pastikan mengeringkan pakaian di udara untuk hasil terbaik. Bila noda deodoran masih ada, ulangi langkah-langkah ini kembali sampai noda menghilang. 

Baca juga: Mudah, Begini Cara Membersihkan Noda Semangka pada Pakaian 

Mencegah penumpukan noda pada area ketiak pakaian 

Clorox juga memberikan beberapa cara mencegah penumpukan noda masa depan pada pakaian. Pertama, hindari mencuci pakaian putih dengan mesin cuci yang penuh beban.

Ini dapat membuat pakaian memiliki cukup ruang untuk jatuh dan air dapat dengan mudah bersirkulasi melalui beban.

Kedua, mencuci pakaian putih dengan air panas dengan siklus pencucian berat. Jika khawatir tentang penyusutan, keringkan pakaian tertentu di udara. 

Baca juga: 6 Jenis Pintu Lemari Pakaian yang Dapat Mempercantik Kamar Tidur

Detergen yang baik memiliki enzim yang tercantum dalam daftar bahan dan hanya boleh menggunakannya dalam jumlah disarankan karena menggunakan terlalu banyak detergen dapat menyebabkan penumpukan lebih lanjut pada pakaian.

Selain itu, selalu mencuci pakaian putih dengan pemutih. Pastikan menggunakan jumlah pemutih yang sesuai dengan jumlah serat pakaian yang dicuci.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com