Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Bekas Noda Teh yang Menempel di Gelas

Kompas.com - 10/03/2022, 19:25 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Mengkonsumsi teh hangat dipagi hari dapat memberikan efek relaksasi. Selain itu, kandungan antioksidan pada teh juga dapat menutrisi kulit dan sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Jika kamu adalah seorang penikmat teh, kamu tentu tidak asing dengan masalah noda teh yang menempel di gelas atau cangkir. Sama seperti kopi, asam pada teh dapat meninggalkan noda coklat yang menempel di permukaan kaca.

Baca juga: Gunakan Cuka untuk Bersihkan Keran dan Gelas Keruh, Begini Caranya

Sebenarnya, noda pada gelas dapat dicegah dengan tidak membiarkan teh terlalu lama di dalam gelas dan langsung mencuci gelas setelah digunakan. Namun seringkali kita lupa melakukannya dan noda sudah menumpuk di permukaan gelas.

Melansir dari Home Steady, Kamis (10/3/2022), berikut ini merupakan langkah-langkah untuk membersihkan noda membandel bekas teh di permukaan gelas.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Teh dari Gelas Plastik

Alat dan bahan:

  • Baking soda
  • Air
  • Kain lap
  • Wadah
  • Sabun cuci piring

Cara membersihkan noda teh di permukaan gelas:

Ada beberapa cara pengolahan untuk mendapatkan manfaat kayu manis, termasuk dengan mencampurkan gulungan kayu manis ke dalam secangkir teh.FREEPIK/KAMRANAYDINOV Ada beberapa cara pengolahan untuk mendapatkan manfaat kayu manis, termasuk dengan mencampurkan gulungan kayu manis ke dalam secangkir teh.

1. Siapkan gelas dengan noda teh yang membandel. Campurkan 3 sdm baking soda dengan 4-5 tetes air hingga membentuk pasta.

2. Celupkan kain lap basah di pasta baking soda lalu gosokkan kain lap ke permukaan gelas dengan noda teh yang membandel. Baking soda berperan sebagai scrub yang akan mengikis noda, namun tidak akan menggores kaca.

Baca juga: Mudah, Cara Menyemai Benih Cabai Pakai Gelas Plastik

3. Larutkan 1 sdt cairan pencuci piring dengan air panas di dalam wadah. Kemudian rendam gelas di larutan cairan pencuci piring, pastikan seluruh noda terendam. Diamkan rendaman gelas hingga semalaman.

4. Angkat gelas, lalu bilas dan cuci seperti biasa. Jika noda teh masih tidak hilang, lakukan prosesnya kembali.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com