Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gelas Bau Tak Sedap Setelah Dicuci? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 12/01/2022, 17:41 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Apakah gelas minum Anda berbau tidak sedap setelah dicuci? Tentunya hal ini akan membuat Anda tidak nyaman saat minum dengan gelas tersebut.

Berbagai cara telah dilakukan, mulai dari mencuci ulang hingga menyiramnya dengan air panas. Sayangnya, aroma tak sedap yang menempel pada gelas, masih saja membekas.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Melansir dari House Wife How To pada Rabu (12/012/2022) berikut ini penyebab dan cara mengatasi bau tak sedap pada gelas.

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Kuning Pada Gelas Kaca

Penyebab bau tak sedap pada gelas

Badan Perlindungan Lingkungan Amerika Serikat (EPA) mewajibkan produsen sabun untuk menghilangkan fosfat dari deterjen pencuci piring. Meskipun lebih sehat, tak jarang gelas minum menjadi bau abis setelah dicucui.

Hal ini karena fosfat berfungsi melunakkan air yang bertugas membuat bahan lain dalam deterjen piring Anda bisa bekerja lebih baik. Tapi mereka juga menyebabkan ganggang mekar di saluran air, sehingga keberadannya dilarang.

Baca juga: 3 Bahan yang Dapat Membersihkan Noda Teh pada Gelas

Cara mengatasi gelas bau tak sedap

Salah satu cara menciptakan dapur kecil tapi rapi adalah menggantung mug atau gelas-gelas besar agar tak menghabiskan ruang.UNSPLASH/CHRIS SCOTT Salah satu cara menciptakan dapur kecil tapi rapi adalah menggantung mug atau gelas-gelas besar agar tak menghabiskan ruang.

Jadi, ada beberapa cara untuk mengatasi masalah ini, tergantung apakah Anda mencuci gelas dengan tangan atau memasukkannya ke dalam mesin pencuci piring. Anda dapat meminimalkan bau pada gelas dengan cara berikut ini.

1. Mengatasi bau tak sedap pada gelas dengan mencuci piring menggunakan tangan

  • Lapisi bagian bawah baskom Anda dengan handuk tebal dan atur barang pecah belah di atasnya.
  • Tambahkan 2 cangkir cuka putih suling, lalu alirkan air panas sampai gelas benar-benar terendam.
  • Tunggu 20-30 menit agar cuka larut dan menghilangkan kabut penyebab bau, lalu gosok dengan serbet atau spons dapur bersih, cuci, dan keringkan hingga bersih.

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Kuning pada Gelas Kaca

2. Mengatasi bau tak sedap pada gelas dengan mesin cuci piring

  • Tuangkan 2 cangkir cuka suling putih ke bagian bawah mesin.

  • Biarkan mesin pencuci piring bekerja selama satu atau dua menit kemudian jeda siklus selama 20-30 menit untuk memberikan waktu air cuka untuk melarutkan kabut. (Di sebagian besar mesin pencuci piring, ini melibatkan membuka pintu sekitar satu inci.
  • Tutup pintu dan biarkan siklus berlanjut seperti biasa

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com