Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengatasi Daun Philodendron yang Menghitam dan Terbakar

Kompas.com - 12/01/2022, 15:43 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Philodendron memiliki daun dengan warna hijau mengkilap yang menarik. Selain karena mudah dibudidayakan, tanaman ini menjadi populer karena bentuk daun yang cantik.

Namun, meskipun mudah dibudidayakan tanaman philodendron rentan terhadap masalah terutama pada permukaan daun. Daun seringkali ditemukan layu dan menguning bahkan berubah warna menjadi hitam.

Melansir dari Garden for Indoor, Rabu (12/1/2022), daun philodendron bisa menghitam karena berbagai alasan.

Seperti cahaya matahari, jamur dan irigasi. Berikut ini penyebab daun philodendron menghitam dan cara mengatasinya.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Hias Philodendron Black Gold

Kelembaban rendah

Habitat asli philodendron adalah di wilayah beriklim tropis dan lebih menyukai area yang lembab. Namun seringkali philodendron dipelihara didalam ruangan dengan udara kering.

Kelembaban rendah in menyebabkan penguapan dan respirasi sehingga kelembaban pada daun menjadi hilang.

Selain itu area dengan kelembaban rendah juga biasanya berdebu, sehingga debu akan menempel di daun tanaman yang menyebabkan timbulnya bintik hitam pada permukaan daun.

Baca juga: 5 Permasalahan Umum pada Tanaman Philodendron dan Solusinya

Solusi

Singkirkan daun yang menghitam dengan cara memangkasnya. Lalu tempatkan philodendron bersama dengan sekelompok tanaman hias lain untuk menciptakan iklim mikro yang lembab. Jika ruangan terlalu kering kamu juga bisa menggunakan humidifier agar ruangan lebih lembab.

Stress karena panas

Ilustrasi tanaman hias Philodendron Melanochrysum atau Philodendron Black Gold.SHUTTERSTOCK/FIRN Ilustrasi tanaman hias Philodendron Melanochrysum atau Philodendron Black Gold.

Paparan panas yang intense juga tidak baik untuk perkembangan daun philodendron. Untuk itu hindari meletakkannya di sekitar sumber panas seperti dibawah sinar matahari langsung, dekat radiator, dekat perapian dan ventilasi panas.

Panas dapat menyebabkan kelembaban cepat menguap, selain itu juga terjadi penumpukan panas di area akar yang menghalangi penyerapan nutrisi dan air.

Baca juga: 5 Perbedaan Tanaman Hias Pothos vs Philodendron

Solusi

Philodendron dapat tumbuh dengan baik pada suhu 21 derajat Celcius. Hindari meletakkannya di bawah sinar matahari langsung, sebaiknya pindahkan pada area dengan naungan dan teduh.

Perubahan yang tiba-tiba

Angin panas dan juga dingin akan membuat philodendron mengalami perubahan suhu yang drastis sehingga menyebabkan kerusakan jaringan daun. Selain itu angin juga menyebabkan hilangnya kelembaban pada daun sehingga daun menghitam.

Baca juga: Tak Mudah Mati, Cara Merawat Tanaman Hias Philodendron Heartleaf

Solusi

Philodendron lebih menyukai suhu dalam kisaran 21-27 derajat Celcius. Pastikan ruangan memiliki aerasi yang cukup baik dengan suhu yang konstan.

Pindahkan tanaman dari area yang memungkinkan terjadi perubahan suhu yang drastis seperti jendela, radiator, pintu masuk dan sebagainya.

Baca juga: Ingat, Sirih Gading dan Philodendron itu Berbeda

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com