Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berbahaya, Ini Pengaruh AC yang Kotor untuk Pernapasan

Kompas.com - 15/03/2022, 21:04 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjadi alat elektronik yang sering digunakan di banyak rumah, AC atau pendingin ruangan harus dirawat dengan baik agar bisa lebih tahan lama.

Ketika AC tidak dirawat dengan benar, tak hanya kerugian materi yang didapat, namun Anda bisa mengalami masalah kesehatan. Perawatan seperti membersihkan filter AC sangat diperlukan agar udara yang diembuskan ke dalam ruangan lebih bersih. 

Dilansir dari Well and Good, Rabu (16/3/2022), menurut Raj Dasgupta, ahli paru di Keck School of Medicine University of Southern California, Amerika Serikat, ketika seseorang terkena masalah pernapasan di dalam ruangan, itu bukan satu-satunya masalah yang disebabkan oleh AC yang kotor.

 

Baca juga: 4 Permasalahan yang Sering Dialami AC dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi AC atau pendingin ruangan, pemeliharaan AC. SHUTTERSTOCK/M2020 Ilustrasi AC atau pendingin ruangan, pemeliharaan AC.

Ketika Anda tidak merawat AC, maka AC akan mengumpulkan debu, serbuk sari, dan jamur dalam konsentrasi tinggi. Kondisi ini bisa memperburuk seseorang yang memiliki alergi dan asma, serta yang buruk, dapat menyebabkan infeksi.

Dasgupta mengelompokkan infeksi ke dalam tiga kategori, yakni nomor satu adalah virus, nomor dua adalah bakteri, dan nomor tiga adalah jamur atau kapang.

Ada bakteri tertentu (legionella) yang dapat menyebabkan jenis pneumonia yang dikenal sebagai penyakit. Bakteri ini dapat dengan mudah membawa seseorang ke ruang ICU.

Kelompok orang tertentu, termasuk mereka yang memiliki penyakit pernapasan atau yang memiliki sistem kekebalan yang lemah, perlu sangat waspada terhadap AC yang tidak bersih.

Baca juga: Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan AC Inverter

AC kotor mengumpulkan kotoran dan bakteri 

Dalam beberapa kasus, orang mungkin mengalami masalah kesehatan terkait AC meskipun unit bersih. 

“Tahukah Anda apa salah satu pemicu asma? Udara dingin. Udara dingin itu sendiri bisa menyebabkan asma, belum lagi semua debu dan serbuk sari," kata Dasgupta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com