Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Merenovasi Rumah

Kompas.com - 10/03/2022, 13:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Roohome

JAKARTA, KOMPAS.com - Merenovasi rumah tidak hanya meningkatkan daya tarik estetika, tapi juga fungsionalitas dan nilai properti hunian. 

Tak hanya itu, renovasi rumah bisa menjadi pengalaman bermanfaat dan mengasyikkan. Namun, saat melakukan renovasi rumah, ada banyak hal yang berpotensi salah dan membuat proyek tersebut mandek, bahkan gagal. 

Nah, untuk memastikan semua proses tersebut berjalan semulus mungkin, berikut beberapa kesalahan merenovasi rumah yang harus dihindari dengan cara apa pun dikutip dari Roohome, Kamis (10/3/2022). 

Baca juga: 5 Pembaruan yang Perlu Dipertimbangkan Saat Merenovasi Rumah 

Tidak memilih kontraktor dengan matang

Ilustrasi merenovasi rumahSHUTTERSTOCK/r.classen Ilustrasi merenovasi rumah
Kesalahan merenovasi rumah yang umum dilakukan banyak orang adalah tidak mencurahkan cukup waktu untuk uji tuntas saat memilih tim mereka dan langsung memilih opsi pertama yang muncul.

Daripada mengambil langkah ini, sebaiknya memeriksa kontraktor Anda sebelum membuat komitmen apa pun. Kerjakan pekerjaan rumah, ajukan pertanyaan yang relevan, dan tentukan apakah mereka diasuransikan, terikat, dan berlisensi. 

Jangan lupa mencari ulasan untuk memastikan bahwa kontraktor bekerja secara profesional seperti yang diiklankan. Selain itu, pilih kontraktor yang dekat dengan lingkungan Anda. 

Baca juga: Ingin Merenovasi Rumah? Ini Tips Mengatur Keuangan agar Tak Kebobolan 

Penjadwalan dan perencanaan yang buruk

Idealnya, merenovasi rumah harus dilakukan kontraktor atau tim desain pilihan Anda. Namun, jika melakukannya sendiri, Anda harus menentukan kerangka waktu untuk setiap pekerjaan yang diperlukan proyek dan anggaran untuk renovasi rumah yang sesuai.

Selain itu,rencanakan di mana Anda akan tinggal dan menyimpan barang-barang pribadi yang dapat rusak selama tahap konstruksi.

Rencana tersebut harus mencakup garis waktu yang tepat dan terperinci yang mencakup semua pencapaian serta menunjukkan bagaimana dan kapan setiap subkontraktor harus berada di lokasi agar pekerjaan dapat diselesaikan.

Ini akan memungkinkan Anda mengidentifikasi kapan peralatan, bahan, dan perlengkapan harus tersedia. 

Baca juga: Tips Menghemat Pengeluaran saat Merenovasi Rumah 

Gagal mendapatkan izin

Ilustrasi renovasi rumah.PEXELS/RENE ASMUSSEN Ilustrasi renovasi rumah.
Jika berpikir bahwa dapat menghemat uang dan waktu dengan berhemat pada izin hukum yang diperlukan untuk merenovasi rumah, pikirkan lagi.

Sebab, apabila Anda gagal mendapatkan semua izin penting, pihak berwenang kemungkinan akan menghentikan proyek renovasi rumah dan Anda harus berurusan dengan penundaan yang mahal serta masalah lainnya.

Jadi, pastikan mendapatkan dokumentasi yang diperlukan sebelum melanjutkan proyek renovasi rumah. Ini akan menyelamatkan diri Anda dari banyak stres selama proses renovasi rumah. 

Baca juga: Perhatikan 4 Hal Ini Sebelum Merenovasi Rumah

Tidak mempertimbangkan pekerjaan DIY 

Selanjutnya, kesalahan merenovasi rumah yang harus dihindari adalah melakukan banyak DIY. Dalam upaya menghemat uang, banyak pemilik rumah memilih memikul banyak tugas yang terlibat dalam proyek renovasi rumah mereka sendiri.

Meski pendekatan DIY dapat menghemat biaya tenaga kerja, Anda juga harus mempertimbangkan pekerjaan yang diputuskan.

Selanjutnya, pastikan menyerahkan pekerjaan yang memang membutuhkan keterampilan dan pengetahuan khusus kepada para profesional.

Dengan cara ini, Anda akan menghindari membuat kesalahan yang dapat merugikan, baik biaya maupun waktu. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com