Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Memasang Kloset Duduk, Sebaiknya Sendiri atau Pakai Jasa Profesional?

Kompas.com - 04/03/2022, 10:21 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Salah satu keuntungan memasang kloset duduk sendiri adalah  dapat menghemat bujet untuk membayar jasa profesional seperti tukang.

Jika tidak dapat memasangnya, ada banyak video yang menjelaskan tata cara pemasangan kloset duduk untuk diikuti. Tidak hanya itu, beragam tips tertulis yang tersebar di internet dapat diikuti. 

Baca juga: 3 Permasalahan yang Sering Dialami Septic Tank dan Cara Mengatasinya

Akan tetapi, ada kemungkinan kloset duduk yang dipasang sendiri tidak terpasang dengan tepat, terlebih jika kamu belum memiliki pengalaman seputar saluran pembuangan.

Ada beberapa masalah yang mungkin akan ditimbulkan dari pemasangan sendiri tersebut, dari kloset duduk yang bocor, bau, hingga mampet.

Lantas, apakah memasang kloset duduk sendiri direkomendasikan?

Baca juga: Bersih-bersih Jadi Mudah, Ini Cara Menggunakan Sikat Toilet yang Tepat

Memasang kloset duduk menggunakan jasa profesional

Ilustrasi toilet duduk, ilustrasi kloset duduk.SHUTTERSTOCK / New Africa Ilustrasi toilet duduk, ilustrasi kloset duduk.

Disadur dari The Pink Plumber, Jumat (4/3/2022), tidak dapat dipungkiri bahwa internet menawarkan berbagai tips memperbaiki toilet yang bermasalah.

Kendati demikian, tidak semua petunjuk menampilkan langkah pembetulan yang beruntun. Kamu pun mungkin tidak terlalu paham dengan solusi yang ditawarkan.

Baca juga: Cegah Penyakit, Jangan Lupa Menutup Kloset Duduk Saat Menyiram 

Ketika menyewa tukang, mereka sudah memiliki pengalaman dan keahlian profesional dalam memasang kloset duduk.

Dengan demikian, kamu tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mencari tips memasang kloset duduk sendiri dan kloset yang dipasang jauh dari permasalahan pemasangan.

Baca juga: Cara Membersihkan Tangki Kloset Duduk 

Butuh biaya lebih 

Di samping memasang kloset duduk, jasa profesional juga bisa membantu mencari model, merek, kisaran harga, dan gaya kloset tertentu.

Mereka dapat merekomendasikan merek dan model kloset duduk seperti apa yang harus dibeli serta gambaran kisaran harga kloset duduk di pasaran.

Meski memberi kemudahan dan hasil yang maksimal, menyewa tukang tentu membuat kamu harus mengeluarkan biaya lebih. Untuk itu, pastikan telah memiliki cukup dana untuk menggunakan jasa prosfesional untuk pemasangan kloset duduk. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com