Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menata Furnitur di Dalam Ruangan agar Tampak Cantik dan Tertata

Kompas.com - 11/02/2022, 22:28 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Roohome

JAKARTA, KOMPAS.com - Keberadaan furnitur di dalam ruangan dapat menunjang kenyamanan dan fungsionalitas ruangan.

Namun, menata furnitur di dalam ruangan sering kali menjadi keputusan desain yang sulit. Kebanyakan individu memiliki satu atau dua ide tentang bagaimana menata furnitur di dalam sebuah ruangan. 

Baca juga: 4 Pilihan Furnitur Terbaik untuk Ruang Keluarga yang Sempurna

Penataan furnitur ini memerlukan usaha dan kreativitas ekstra agar menghasilkan tampilan yang tertata dan cantik. 

Dilansir dari Roohome, Jumat (11/2/2022), berikut ini beberapa cara menata furnitur di dalam ruangan, dari ruang tamu, kamar tidur, ruang keluarga, ruang makan, hingga dapur

Baca juga: 5 Material Kain yang Ramah Hewan Peliharaan untuk Melindungi Furnitur 

Menempatkan furnitur 

Ilustrasi ruang tamuUnsplash/Spacejoy Ilustrasi ruang tamu
Dalam hal mengatur furnitur di ruangan, ruangan perlu memiliki titik fokus seperti perapian sehingga memudahkan penataan.

Namun, jika ruangan tidak ada titik fokus, mulailah dengan berdiri di ambang pintu. Lihatlah ke seberang ruangan untuk dinding terpanjang, yang kemungkinan besar akan menjadi dinding ideal untuk memposisikan sofa

Setelah itu, mulailah mengatur furnitur dari sana jika properti memiliki konsep terbuka dengan beberapa dinding panjang. Ini tampak lebih ramah dan menyenangkan. 

Baca juga: 4 Cara Memilih Furnitur Kayu Berkualitas, Tidak Sulit  

Pengaturan furnitur kamar tidur

Ilustrasi kamar tidur ala Korea, Ilustrasi kamar tidur dengan cat dinding hijauSHUTTERSTOCK/Photographee.eu Ilustrasi kamar tidur ala Korea, Ilustrasi kamar tidur dengan cat dinding hijau
Anda perlu berbagi kamar tidur kecil dengan furnitur besar. Untuk tempat duduk tambahan yang nyaman di kamar tidur, letakkan bangku di kaki tempat tidur atau kursi kecil di sudut kamar.

Pertimbangkan meletakkan kursi di sebelah meja samping tempat tidur yang dapat digunakan bersama oleh kursi dan tempat tidur. 

Jika tidak ada cukup ruang di sebelah nakas, pasangkan kursi dengan bangku taman kecil, yang dapat berfungsi ganda sebagai meja kecil tanpa memakan terlalu banyak ruang. 

Baca juga: 3 Ide Menata Furnitur di Setiap Ruangan  

Pengaturan furnitur di ruang keluarga

Ilustrasi ruang keluarga; meja kopiUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi ruang keluarga; meja kopi
Sebuah desain furnitur yang layak menciptakan ruang untuk lemari, zona drop, dan laci di ruang keluarga yang biasanya menjadi tempat penyimpanan.

Di ruang keluerga yang lebih kecil, pertimbangkan furnitur dengan potongan yang berdiri bebas. Sementara di ruang lebih besar, pertimbangkan furnitur built-in dari dinding ke dinding.

Untuk urusan media, pastikan meletakkan beberapa unit penyimpanan di dekat televisi (TV). 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com