Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Noda Bekas Keringat dan Deodoran di Ketiak Baju

Kompas.com - 30/01/2022, 16:24 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Semua orang berkeringat, dan bahkan deodoran anti-keringat terbaik tidak dapat menjaga ketiak Anda tetap kering sepanjang hari terutama saat musim kemarau atau panas.

Terlebih jika deodoran dan keringat menempel di bagian ketiak baju dan meninggalkan noda kerak. Kalau sudah begini, noda kerak pun akan sulit dihilangkan. Namun, ada cara khusus untuk mengatasi hal tersebut.

Melansir dari In The Wash pada Minggu (30/01/2022) berikut ini cara menghilangkan noda kerak pada ketiak.

Baca juga: Ragam Tips untuk Membuat Pelembut Pakaian Buatan Sendiri

Penyebab noda keringat di ketiak baju

Noda keringat disebabkan oleh reaksi kimia yang terjadi saat keringat, aluminium, dan bahan pakaian yang bercampur sehingga meninggalkan noda kuning kaku yang tak menyenangkan.

Cara Menghilangkan Noda Kerak di Ketiak Baju

Ilustrasi cuka apel. UNSPLASH/ Healthline Ilustrasi cuka apel.

Cara terbaik untuk menghilangkan noda kuning berkerak di ketiak ini ialah dengan menggunakan cuka. Cuka berfungsi untuk membersihkan hampir semua hal tak terkecuali noda kerak pada ketiak.

Atasi noda yang mengganggu dengan menggabungkan tiga sendok makan cuka putih dengan satu cangkir air sebelum merendam area yang bernoda dengan larutan ini.

Baca juga: Hindari Menyatukan Jenis Pakaian Ini Saat Mencuci

Biarkan pakaian terendam setidaknya selama satu jam dan kemudian gunakan sikat untuk menggosok noda yang basah dan menghilangkan noda berkerak setelah direndam cuka.

Terakhir, masukkan pakaian ke mesin cuci dan cuci dengan air panas serta tuangkan deterjen. Setelah kering, kini baju Anda akan bebas kerak dan seperti baru!

Cara Menghilangkan Noda Deodoran di Baju bagian Ketiak

Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.SHUTTERSTOCK / birdbyb stockphoto Ilustrasi mencuci pakaian, ilustrasi mencuci baju.

Noda keringat dan deodoran sering kali muncul bersamaan. Jika Anda telah menghilangkan noda keringat yang mengganggu tetapi masih menemukan sisa-sisa penumpukan deodoran, ada metode praktis untuk menghilangkannya juga.

Metode yang paling efektif adalah dengan mencapurkan hidrogen peroksida dan soda bikarbonat. Campurkan keduanya sampai menjadi konsistensi pasta.

Baca juga: Pakaian Terkena Noda Krayon? Begini Cara Menghilangkannya

 

Langkah selanjutnya adalah merebus air dan merendam pakaian dalam cairan mendidih sebelum mengoleskan campuran soda bikarbonat dan hidrogen peroksida. Oleskan pasta ini sebanyak mungkin ke bagian ketiak pakaian Anda.

Setelah barang terendam selama sekitar satu jam, keluarkan dari air dan masukkan ke dalam mesin cuci lalu cuci dengan air panas bersamaan dengan deterjen. Kini, noda deodoran dan kerak kuning pun tak lagi hinggap di ketiak pakaian Anda!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com