Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Membuat Rumah Terasa Lebih Besar dan Luas

Kompas.com - 30/01/2022, 10:05 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Roohome

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi virus Covid-19 telah membuat bekerja dari rumah atau work from home (WFH) semakin populer. 

Namun, lantaran menghabiskan banyak waktu di dalam ruangan yang sama, terkadang hal ini bisa membuat rumah terasa sempit. Untungnya, ada banyak cara membuat rumah terasa lebih luas dan besar. 

Melansir dari Roohome, Minggu (30/1/2022), berikut enam tips membuat rumah terasa lebih besar dan luas. 

Baca juga: 5 Tips Menjaga Rumah Tetap Aman Selama Proses Renovasi 

Fitur pencahayaan 

Ilustrasi pencahayaan di dalam rumahUnsplash/Outsite Co Ilustrasi pencahayaan di dalam rumah
Fitur pencahayaan cerdas dapat sepenuhnya mengubah ruangan. Bisa jadi sebuah ruangan tidak memanfaatkan semua sudutnya secara maksimal.

Serangkaian cahaya sekitar yang disebarkan dengan tepat ke semua ruangan dapat menyoroti setiap bagian interior. 

Selain itu, lampu plafon yang diletakkan di tengah-tengah ruangan adalah kesempatan baik untuk membawa cahaya baru ke dalam ruangan. Sinar iluminasi yang lebar dapat membantu menonjolkan hampir setiap detail ruang.

Jika ruang memiliki akses rendah ke cahaya alami, lampu lantai dan lampu meja dapat mengisi sudut-sudut yang tidak dapat dijangkau sepenuhnya oleh pencahayaan sekitar. 

Baca juga: 6 Cara Membuat Kamar Mandi Kecil Terlihat Lebih Besar

Tambahkan bangunan luar

Gudang atau area penyimpanan tambahan di luar rumah seperti halaman belakang atau taman menawarkan cara praktis menambah ruang.

Bangunan luar baja yang dirancang dengan baik dan kuat adalah solusi yang diterapkan untuk kehidupan modern. Ruang baru dapat digunakan untuk menyimpan barang-barang ekstra yang lebih baik disimpan di luar rumah utama. 

Baca juga: 5 Tips Membuat Rumah Kecil Menjadi Tempat Berkumpul yang Menghibur

Rapikan rumah 

Ilustrasi ruang keluargaUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi ruang keluarga
Ini tidak selalu mudah, tetapi penting menyimpan barang-barang tambahan yang tidak benar-benar dibutuhkan seminimal mungkin.

Bersikaplah tegas untuk menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak lagi berguna. Metode yang baik untuk diterapkan di sini adalah jika belum pernah menggunakan sesuatu selama lebih dari 12 bulan, kemungkinan besar Anda harus menyingkirkan barang tersebut dari rumah.

Anda dapat menyumbangkan pakaian, perangkat, dan peralatan dapur yang tidak diinginkan untuk amal atau memberikan pada teman atau keluarga yang membutuhkan. 

Baca juga: Tips Mendapatkan Pencahayaan Terbaik untuk Setiap Ruangan di Rumah

Cermin

Kekuatan reflektif dari cermin yang ditempatkan dengan hati-hati di dalam rumah dapat lebih membuka lingkungan sekitar.

Penggunaan cermin yang baik di rumah dapat memantulkan cahaya di sekitar rumah. Ini dapat memberikan ilusi bahwa ada lebih banyak ruang. Rasa gerakan inilah yang akan memberikan perasaan bahwa ruangan lebih besar. 

Anda juga dapat mencoba meletakkan cermin di lemari dan pintu untuk daya pantul ekstra. Cermin besar yang dipasang di seberang jendela dapat memperluas semua fokus ruangan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com