Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Alasan Tidak Perlu Membeli Smart TV dan Menggunakannya di Rumah

Kompas.com - 28/01/2022, 13:55 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Roohome

JAKARTA, KOMPAS.com - Mungkin sulit membedakan antara smart TV atau TV pintar dan televisi (TV) biasa, terutama saat masuk ke toko elektronik.

Setiap sembilan dari 10 TV yang Anda temui adalah smart TV. Dengan harga yang sangat mirip dengan TV biasa, konsumen sering kali dapat dengan mudah dibujuk untuk membeli smart TV setelah mempertimbangkan manfaat yang ditawarkan. 

Baca juga: Apakah Perlu Menggunakan Smart TV? Ini Kelebihan dan Kekurangannya

Smart TV dapat terhubung ke internet rumah dan menautkan ke layanan streaming. Hal ini yang membuat banyak orang tertarik membelinya. 

Namun, smart TV juga memiliki kekurangan meski cukup sering kekurangannya tertutupi oleh kelebihan yang menonjol.

Karena itu, sebenarnya Anda tidak perlu menggunakan atau membeli smart TV meski saat ini banyak peralatan elektronik terhubung ke internet. 

Melansir dari Roohome, Jumat (28/1/2022), berikut tiga alasan yang membuat tidak perlu membeli smart TV dan menggunakannya di rumah. 

Baca juga: 5 Cara Merawat Smart TV 32 Inci agar Awet dan Tahan Lama

Risiko invasi keamanan yang lebih tinggi 

Ilustrasi TV di rumah. UNSPLASH/WANG JOHN Ilustrasi TV di rumah.
Sebagai perangkat interaktif, smart TV memungkinkan pemirsa mengakses berbagai platform, banyak yang menyertakan detail login, dan mungkin informasi keuangan jika platform yang digunakan memerlukan langganan pembayaran bulanan.

Karena itu, ketika mempertimbangkannya, perangkat ini menyimpan beberapa informasi diri Anda. Mungkin hal ini tidak tampak seperti masalah besar bagi banyak orang.

Namun, hal itu akan menjadi masalah karena smart TV berpotensi diretas oleh individu, lalu menggunakan informasi Anda untuk keuntungan mereka, bahkan lebih buruk berpotensi memata-matai Anda melalui kamera dan mikrofon terintegrasi.

Meski ini adalah skenario terburuk dari smart TV pintar, beberapa pengguna sama sekali tidak menyadari kemungkinan hal ini terjadi pada mereka. 

Baca juga: Seberapa Perlu Memiliki Smart TV?  

Tergantung pada akses internet

Ilustrasi TV layar datar, smart TVUnsplash/Jens Kreuter Ilustrasi TV layar datar, smart TV

Seperti diketahui, smart TV hanya mengandalkan koneksi internet yang kuat untuk menjalankan fungsi dengan standar tertinggi.

Jika Wi-Fi di rumah Anda sering tidak dapat diandalkan, penting mempertimbangkan hal tersebut sebelum membeli smart TV. 

Selain itu, apabila tidak memiliki router Wi-Fi di rumah, ini juga akan menjadi tantangan dan smart TV Anda akan murni beroperasi sebagai TV biasa. Ini penting dipertimbangkan saat membeli smart TV karena kemungkinan TV tidak akan digunakan, yang akhirnya hanya membuang-buang uang.

Dengan ketergantungan yang kuat pada koneksi internet, penting memastikan bahwa Anda selalu memiliki TV langsung dan antena TV yang sesuai untuk cadangan layanan instalasi antena TV. 

Baca juga: 9 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli Smart TV  

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com