Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Beli Smart TV? Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan

Kompas.com - 14/02/2021, 14:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber NBC News

JAKARTA, KOMPAS.com - Kemajuan teknologi turut membuat televisi atau TV semakin canggih. Kini pun banyak hadir produk TV pintar atau smart TV, yang dapat terhubung langsung dengan internet.

Kehadiran smart TV memberikan pilihan yang lebih banyak dan menarik bagi hiburan Anda di rumah. Namun demikian, smart TV seperti apa yang sebaiknya dipilih?

Sebab, kini sangat banyak merek maupun jenis smart TV yang tersedia di pasaran. Ini termasuk jargon seputar 4K, HDR, OLED versus QLED, dan kemampuan smart TV sendiri.

Baca juga: Smart TV dan Android TV, Apa Perbedaan Keduanya?

Jika Anda ingin mendapatkan hasil maksimal dari film dan acara serta permainan video perangkat streaming, maka sebaiknya Anda tidak membeli model smart TV dengan diskon paling tinggi alias harga paling murah.

Sebaiknya, perhatikan kombinasi berbagai fitur dan sejauh mana mereka benar-benar mampu bekerja sama. Nah, untuk memudahkan Anda, berikut cara memilih smart TV yang bagus, seperti dikutip dari NBC News, Minggu (14/2/2021).

1. Ukuran layar TV yang sesuai dengan ruangan

Ukuran TV didasarkan pada pengukuran diagonal layarnya. Untuk menentukan yang terbaik untuk ruang Anda, berikut perhitungan sederhana, berikut panduan sederhananya.

  • Ukur jumlah inci antara Anda atau sofa Anda dan layar TV
  • Bagilah angka itu dengan dua
  • Hasilnya adalah ukuran layar TV yang optimal

Baca juga: 6 Hal yang Bisa Menyebabkan TV LED Cepat Rusak

Jadi jika Anda duduk sekitar 4 meter di sofa ke TV, ukuran layar TV ideal Anda adalah 60 inci. Tentu saja, itu adalah rekomendasi dari penjual TV, gunakan itu sebagai titik awal dan lihat seberapa baik hasilnya untuk Anda.

2. Resolusi, butuh TV 4K atau 8K, atau 1080p?

Pernah mengambil foto di ponsel Anda dan memperbesarnya dengan sangat dekat, lalu muncul titik-titik berwarna? Titik-titik kecil warna yang kabur itu disebut piksel.

Semakin banyak piksel yang dapat Anda masukkan ke dalam ruang tertentu, semakin tajam dan seperti aslinya gambar tersebut. Selama bertahun-tahun, TV definisi tinggi mencapai puncaknya pada 1080p, yang diterjemahkan menjadi 1920 piksel secara horizontal dengan 1080 piksel secara vertikal.

TV Ultra HD yang lebih baru meningkatkan taruhan dengan resolusi 4K, yang mendapatkan namanya dari hampir 4.000 piksel yang diletakkan secara horizontal (3840 x 2160) dan beberapa TV kelas atas mulai mencapai 8K (7680 x 4320).

Halaman:
Sumber NBC News
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com