Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Air Cooler Berbau dan Berjamur? Ini Cara Membersihkannya

Kompas.com - 20/01/2022, 18:15 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendinginkan ruangan tak selalu menggunakan air conditioner atau AC. Anda dapat menggunakan air cooler untuk menyejukkan dan mendinginkan ruangan.

Air cooler mempunyai bentuk yang lebih kecil dan bisa dipindahkan ke ruangan atau tempat yang membutuhkan. Inilah yang menjadi salah satu keunggulan air cooler dibanding AC. 

Baca juga: 4 Cara Membuat Air Cooler Bekerja Lebih Efektif 

Namun, untuk menjaga air cooler bekerja efektif, penting untuk membersihkan dan merawatnya secara rutin. Selain itu, membersihkan air cooler dapat mencegah berkembang biaknya jamur atau bau apek.

Sebetulnya, permasalahan jamur dan bau dapat diatasi dengan melakukan beberapa langkah pembersihan. Filter dan tangki air menjadi bagian dari air cooler yang membutuhkan perhatian serta perlu dibersihkan secara teratur.

Air cooler harus benar-benar dikuras setidaknya sekali seminggu dan filter harus dilepas, dicuci, dan dikeringkan di udara pada waktu yang sama.

Nah, melansir dari My Home Climate, Kamis (20/1/2022), berikut cara membersihkan air cooler agar bebas bau dan jamur.  

Baca juga: AC Vs Air Cooler, Apa Bedanya? 

Ganti filter 

Ilustrasi air cooler.SHUTTERSTOCK/MAYNATURE Ilustrasi air cooler.
Penting untuk mengganti filter air cooler dengan yang baru setidaknya setahun sekali, tetapi untuk perawatan rutin disarankan untuk membersihkannya seminggu sekali.

Cara paling menyeluruh dan aman untuk membersihkan filter air cooler adalah  menggabungkan air dan cuka dengan perbandingan 50-50.

Kemudian, rendam atau bilas filter dalam campuran tersebut untuk mendisinfeksi dan menghilangkan bau. Setelah itu, bilas filter dengan air dan biarkan hingga benar-benar kering sebelum dimasukkan kembali ke air cooler.

Jangan kembalikan filter ke dalam air cooler sampai tangki air bersih dan siap dipasang kembali. 

Baca juga: 4 Pilihan Air Cooler, Harga di Bawah Rp 500.000

Bersihkan tangki air 

Tangki air harus dikosongkan, kemudian dilap dengan lembut menggunakan kain lembut dan air hangat untuk menghilangkan residu berjamur yang mungkin menumpuk sejak pembersihan sebelumnya.

Selain itu, dapat mencuci tangki dengan air sabun yang lembut, lalu menyiramnya dengan air bersih. Setelah tangki bersih, bersihkan pipa untuk memastikan bahwa bagian ini bebas jamur. Gunakan campuran air dan cuka dengan perbandingan 50-50 untuk membersihkannya. 

Baca juga: Pendingin Udara yang Terbaik, AC atau Air Cooler?

Baik Anda menggunakan cuka atau sabun untuk membersihkan tangki, biarkan pendingin bekerja pada mode kipas dengan kecepatan tinggi selama 10-15 menit, sementara tangki tetap kosong.

Ini akan memastikan bahwa bau cuka tidak terserap ke dalam filter. Setelah selesai dan tangki sudah bersih, isi dengan air bersih dan biarkan air mengalir melalui tangki selama beberapa menit untuk menghilangkan semua sisa cuka. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com