Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Ide Renovasi Dapur yang Bisa Dicoba pada Pendemi Ini

Kompas.com - 26/11/2021, 11:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membuat banyak orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah daripada sebelumnya. Hal ini secara signifikan mengubah cara hidup mereka dan tatanan di rumah, termasuk dapur

Dapur telah menjadi area paling fungsional dari setiap rumah dan kini fungsi terus berubah serta berkembang.

Dari yang dulu sekedar ruang memasak, kini menjadi area hiburan untuk keluarga dan para tamu. Tak heran, banyak penghuni rumah yang merenovasi dapur mereka untuk mendapat fungsional tersebut. 

Baca juga: Ragam Cara Menghilangkan Noda Minyak di Dapur

Merenovasi dapur tidak hanya meningkatkan kehidupan sehari-hari, tetapi juga menambah nilai lebih untuk rumah.

Sejumlah pakar desain rumah telah membagikan beberapa ide renovasi dapur terbaik dan trendi. Fleksibilitas, kebersihan, dan keteraturan tetap menjadi prioritas utama dalam desain ini.

Melansir dari My Decorative, Jumat (26/11/2021), berikut lima ide renovasi dapur yang bisa dicoba pada pendemi saat ini. 

Baca juga: 3 Trik Menciptakan Dapur Bernuansa Unik dan Perdesaan 

Warna hangat

Dari merah, kuning, sampai oranye, warna-warna ini memberikan perlindungan yang menenangkan bagi mereka yang telah mengalami banyak gejolak.

Warna yang tenang ini memberikan rasa akrab dan optimisme saat menghadapi masalah. Pakar desain juga merekomendasikan untuk memasangkannya dengan nada kayu alami, tanaman hijau, serta tekstur anyaman. 

Baca juga: 5 Alasan Perlu Memiliki Meja Kitchen Island di Dapur 

Koneksi luar ruangan yang kuat

Ilustrasi dapur outdoor dengan lubang apiUnsplash/Arcwind Ilustrasi dapur outdoor dengan lubang api
Elemen desain utama tahun ini akan difokuskan untuk menciptakan koneksi visual dan fisik ke alam bebas, terlebih pandemi menghambat orang untuk pergi ke luar rumah. 

Menurut ahli renovasi dapur, penggunaan pintu bifold dan jendela besar akan memberikan tampilan yang tidak terlalu mencolok serta lebih elegan.

Selain itu, membiarkan cahaya alami dan udara segar masuk, yang meningkatkan visibilitas dan menciptakan nuansa terbuka ke dapur. 

Baca juga: Ingin Membuat Dapur Outdoor? Ini 4 Ide Desain Terbaik yang Bisa Dicoba 

Kitchen island besar

Dengan luas minimal 2,3 meter persegi, kitchen island telah menjadi bagian penting dari dapur karena berbagai kegunaannya seperti membuat penyimpanan tambahan dan permukaan kerja.

Kitchen island juga berfungsi sebagai ruang makan karena menyediakan lebih banyak tempat duduk dapur daripada meja makan biasa.

Merenovasi kitchen island cukup mahal, tapi Anda bisa memperluas meja kitchen island tanpa  dengan menambahkan penyimpanan laci. Memiliki kitchen island yang besar akan membuat dapur makin serbaguna. 

Baca juga: Tips Menciptakaan Pencahayaan Dapur yang Maksimal 

Permukaan hitam modern

Jika ingin memamerkan renovasi dapur kepada semua orang, meja gelap adalah solusi sempurna. Meja ini dapat memberikan dampak dramatis dan menghadirkan desain yang elegan sert5a ramping saat dipasangkan dengan lemari putih bersih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com