Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Tusuk Sate, Bagus atau Buruk Menurut Feng Shui?

Kompas.com - 01/11/2021, 14:08 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki rumah yang berada pada posisi persimpangan T atau dikenal tusuk sate dianggap kurang ideal. Bahkan, dalam feng shui, posisi ini dianggap sebagai situasi buruk. 

Persimpangan T adalah posisi adanya dua jalan yang bertemu dalam bentuk T atau gampangnya disebut jalan atau posisi pertigaan.

Baca juga: 5 Ide Menghadirkan Desain Japandi ke Rumah

Biasanya, ini adalah jalan yang lebih kecil bertemu jalan lebih sibuk dan kedua jalan itu bertemu di persimpangan tegak lurus.

Jika rumah Anda berada di bagian atas T tersebut, artinya rumah di posisi pertigaan jalan. Posisi ini tentu kurang baik bagi rumah karena memberikan banyak gangguan. 

Misalnya, lampu depan kendaraan selalu menyinari atau bersinar lurus ke arah rumah seperti mata naga hingga risiko kendaraan menabrak rumah jauh lebih besar. 

Bagaimana posisi tusuk sate mempengaruhi feng shui rumah dan Anda?

Ilustrasi rumah tusuk sate.iStock Ilustrasi rumah tusuk sate.
Dalam feng shui, kita mengamati bagaimana Qi atau energi kekuatan kehidupan mengalir di sekitar dan melalui ruang kita.

Ketika rumah terletak di posisi tusuk sate, Qi bergerak sangat cepat dan bertabrakan dengan rumah Anda. Ini bisa menjadi energi berbahaya serta menyebabkan kesulitan hidup. 

Baca juga: Simak, Ini Kesalahan Penataan Kamar Tidur Menurut Feng Shui

 

Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan rumah tusuk sate

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan jika rumah berada tepat di posisi atas pertigaan atau tusuk sate. Tidak semua rumah akan terpengaruh oleh energinya, tergantung pada situasi.

Bila merasa khawatir dengan posisi rumah tusuk sate, cobalah berkonsultasi dengan praktisi feng shui untuk menghindari keburukan. 

Nah, melansir dari The Spruce, Senin, (1/11/2021), berikut sejumlah hal yang perlu dipertimbangkan rumah tusuk sate.

Baca juga: Tips Mengatur Ruangan agar Memperoleh Energi Positif Menurut Feng Shui

  • Kecepatan dan aktivitas lalu lintas

Seberapa cepat lalu lintas di jalan pertigaan rumah tersebut? Jika itu adalah jalan kecil yang sangat sepi dan kecil, hal itu tidak memberi terlalu berdampak buruk bagi rumah.

Namun, bila merupakan jalan besar dan ramai, hal bisa mendatangkan keburukan bagi rumah. Pasalnya, semakin banyak lalu lintas, Qi yang bergerak lebih cepat akan diarahkan ke rumah. 

Baca juga: 7 Warna Cat Terbaik untuk Kamar Mandi Menurut Feng Shui

  • Arah lalu lintas

Jika jalan tersebut satu arah dan arus mobil menjauh dari rumah Anda, rumah akan baik-baik saja. Ini bukan situasi yang bermasalah.

  • Kemiringan jalan

Kemiringan jalan juga turut mempengaruhi pada feng shui rumah. Secara umum, kemiringan jalan yang mengarah atau menurun ke rumah dapat menambah lebih banyak momentum pada Qi yang bergerak cepat sehingga membuatnya lebih menantang. 

  • Lokasi rumah

Semakin dekat rumah ke persimpangan, semakin sulit bagi Qi. Apabila rumah berada tepat di posisi tusuk sate, terkadang Qi tidak benar-benar diarahkan ke rumah. Situasi ini akan meningkatkan energi yang menantang dari persimpangan T tersebut. 

Baca juga: 5 Aturan Feng Shui yang Tidak Benar, Jangan Dipercaya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com