Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Penyebab dan Cara Mengatasi Daun Lidah Buaya Menguning

Kompas.com - 22/09/2021, 20:45 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Selain sebagai tanaman hias, beberapa jenis tanaman ditanam karena memiliki khasiat yang baik bagi tubuh dan juga udara sekitar. Salah satu tanaman dengan segudang manfaat adalah tanaman lidah buaya atau aloe vera.

Tanaman ini dapat ditanam di dalam rumah sebagai pembersih udara dalam rumah dan juga diolah sebagai produk kecantikan seperti masker rambut, makanan dan juga minuman.

Untuk mendapatkan lidah buaya yang sehat dan tumbuh subur, perawatan perlu dilakukan. Masalah yang umum terjadi pada daun lidah buaya adalah perubahan warna menjadi kuning dan layu.

Melansir dari World of Garden Plants, Rabu (22/9/2021), berikut penyebab daun lidah buaya menguning dan cara mengatasinya.

Baca juga: Cara Memangkas Tanaman Lidah Buaya Tanpa Merusaknya

Terlalu banyak air

Kesalahan yang sering dilakukan adalah terlalu banyak air yang diberikan pada tanaman pada proses penyiraman.

Hal ini dapat membuat akar dalam kelembaban konstan dan mulai membusuk. Akibatnya daun akan menguning, lunak dan menjadi transparan.

Untuk mengatasinya, sebaiknya keluarkan lidah buaya dari potnya dan bersihkan tanah-tanah yang masih ada di akar.

Periksa saluran akar, jika kamu menemukan akar yang busuk segera potong dan buang. Lalu cuci akar yang masih sehat pada tanaman dengan menggunakan fungisida lalu keringkan.

Selanjutnya tanam kembali lidah buaya menggunakan media tanam yang subur. Kamu bisa menggunakan tanah dengan campuran perlit, batu kecil, dan beberapa bahan lain yang membuatnya lebih ringan.

Untuk menghindari penyiraman yang berlebih, pastikan menyiram saat tanah benar-benar kering.

Baca juga: Cara Menanam dan Merawat Tanaman Lidah Buaya

Kekurangan air

Selain asupan air yang terlalu banyak, ternyata kekurangan air juga bisa membuat daun lidah buaya berubah menjadi kuning.

Pada musim kemarau, persediaan air dan nutrisi di daun mulai menipis sehingga daun menguning dari ujung dan meluas ke seluruh permukaan daun. Ini membuat daun lunak dan menggulung.

Meskipun lidah buaya dapat hidup di daerah yang panas, kamu tetap harus menyiramnya agar pertumbuhan daun maksimal.

Kurangi frekuensi penyiraman saat suhu dingin dan tanah lembab. Kamu bisa menggunakan pengukur kelembaban tanah agar penyiraman lebih efektif.

Selain itu, lidah buaya yang sudah tua dapat menyimpan lebih banyak air daripada yang muda, untuk itu penyiraman lidah buaya tua sebaiknya lebih jarang dilakukan.

Baca juga: Lidah Buaya Bisa Jadi Pupuk Organik Cair Tanaman Hias, Begini Caranya!

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com