Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Merawat Anakan Aglonema? Ini Hal yang Harus Dihindari

Kompas.com - 14/09/2021, 17:55 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat anakan aglonema atau aglonema yang masih kecil merupakan hal menyenangkan bagi sebagian pencinta tanaman hias.

Namun, merawat anakan aglonema tidak sama dengan tanaman aglonema dewasa sehingga harus berhati-hati serta ada beberapa perawatan yang tidak boleh dilakukan.

Dikutip dari kanal YouTube Hobi Bunga, Selasa (14/9/2021), berikut ini sejumlah hal yang tidak boleh dilakukan dalam merawat anakan aglonema

Baca juga: Tips Membeli Tanaman Aglonema Secara Online

Meletakkan di tempat yang terlalu panas

Anakan aglonema tidak boleh diletakkan di tempat yang terlalu panas. Jadi, letakkan anakan aglonema di tempat yang benar-benar teduh dan tidak terkena cahaya matahari secara langsung.

Namun, anakan aglonema boleh terkena cahaya matahari pagi secara langsung, itu pun hanya selama lima sampai 10 menit.

Jauhkan cahaya matahari siang dari anakan aglonema. Sebab, anakan aglonema masih sangat rentan terkena sakit dan stres karena tidak sanggup menahan cuaca terlalu panas.

Jika cuaca terlalu panas pada musim kemarau, sebaiknya anakan aglonema diletakkan saja di dalam ruangan. 

Baca juga: Mudah dan Higienis, Ini Cara Menanam Bonggol Aglonema di Toples

Tempatkan anakan aglonema dalam pot berukuran lebih besar

Hal lain yang tidak boleh dilakukan dalam merawat anakan aglonema adalah menempatkannya dalam pot yang jauh lebih besar dari ukuran anakan aglonema.

Sesuaikan ukuran pot dengan ukuran anakan aglonema. Hal ini bertujuan agar anakan aglonema bisa lebih fokus pada pertumbuhan batang dan daun.

Kalau pot yang digunakan terlalu besar, anakan aglonema hanya akan berfokus kepada pertumbuhan akar, sehingga daun dan batangnya lambat tumbuh. 

Baca juga: Penyebab Daun Aglonema Mengecil dan Cara Mengatasinya

Diberi campuran pupuk sejenis

Sebagian besar aglonema dapat bertahan hidup pada kondisi cahaya yang redup, sehingga dapat diletakkan di kamar tidur.UNSPLASH/SEVERIN CANDRIAN Sebagian besar aglonema dapat bertahan hidup pada kondisi cahaya yang redup, sehingga dapat diletakkan di kamar tidur.
Anakan aglonema tidak boleh diberi pupuk yang dicampur dengan pupuk sejenis. Maksudnya, dua jenis pupuk yang sama tidak boleh dicampurkan dan diberikan ke anakan aglonema.

Sebagai contoh, jika ingin memberi pupuk daun merek gandasil D, jangan dicampurkan pupuk daun merek growmore atau dekastar.

Memberikan campuran dua pupuk sejenis bisa membuat anakan aglonema mengalami over dosis, stres, dan sakit. 

Baca juga: Rekomendasi Pupuk untuk Aglonema agar Subur dan Daunnya Lebat

Terlalu sering dibongkar

Tidak sedikit pekebun yang tidak sabaran dalam merawat anakan aglonema sehingga cenderung mudah membongkar media tanam untuk melihat akarnya.

Jika anakan aglonema terlalu sering dibongkar, hal itu dapat menyebabkannya stres dan membuatmu sia-sia dalam merawat anakan aglonema. 

Jika anakan aglonema mengalami penyakit, cukup bongkar sekali dan obati, lalu tanam kembali dan jangan dibongkar lagi dari media tanam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com