Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Kedalaman Pot yang Paling Baik untuk Tanaman?

Kompas.com - 14/09/2021, 09:35 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam tanaman di pot menjadi salah satu alternatif untuk seseorang yang tidak memiliki lahan atau halaman yang cukup luas. Selain itu, menanam di dalam pot juga memiliki kelebihan lainnya, yakni dapat mempercantik teras maupun balkon rumah.

Namun, seperti yang dilansir dari Home Guides SF Gate, Selasa (14/9/2021), agar tanaman dapat tumbuh dan menghasilkan bunga dan buah, Anda perlu menggunakan pot tanaman yang menampung tanah dalam jumlah yang cukup dan menyediakan ruang yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan akar yang tepat.

Jumlah ruang akar tanaman harus tumbuh memainkan peran kunci dalam perkembangan tanaman dan kesehatan tanaman.

Baca juga: Simak, Cara Menanam Anggur Dalam Pot untuk Pemula

Kedalaman pot untuk menanam sayuran

Untuk sebagian besar tanaman, pot sedalam 6 hingga 8 inci sudah cukup.

Kedalaman dapat bervariasi untuk beberapa sayuran, seperti lobak, mentimun, brokoli, bit, selada, dan bawang hijau semuanya dapat tumbuh dengan baik di pot pada kedalaman itu, tetapi sayuran lain, seperti kubis, membutuhkan kedalaman yang lebih dalam setidaknya 10 inci.

Sayuran seperti tomat, wortel, dan paprika membutuhkan wadah yang lebih dalam setidaknya 12 inci. Untuk memastikan setiap bola akar sayuran memiliki ruang tumbuh yang memadai, sisakan ruang 2 inci di sisi akar dan 6 inci di bagian bawah.

Kedalaman pot untuk menanam bunga

Tanaman keras, seperti umbi, membutuhkan kedalaman pot yang lebih dalam. Umbi besar membutuhkan kedalaman setidaknya 14 inci.

 

Baca juga: Cermati, Pemilihan Ukuran Pot Dapat Berdampak pada Pertumbuhan Tanaman

Sebagian besar umbi yang lebih kecil ditanam pada kedalaman 3 hingga 4 inci, sehingga mereka akan baik-baik saja di dalam pot dengan kedalaman 8 inci. Membaca instruksi penanaman paket atau wadah dapat membantu saat menentukan kedalaman pot yang tepat.

Mengapa kedalaman pot penting? 

Saat menanam tanaman di pot, akarnya membutuhkan ruang untuk tumbuh. Jika mereka dibatasi, itu dapat mempengaruhi kemampuan tanaman untuk berkembang.

Pot tanaman yang membatasi akar dapat memengaruhi pembungaan tanaman, penyerapan nutrisi dan fotosintesis bersama dengan hasil tanaman.

Kedalaman wadah memengaruhi kelembapan tanah juga karena pot yang lebih dalam membutuhkan lebih sedikit penyiraman daripada pot yang lebih dangkal yang memiliki volume tanah lebih sedikit.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com