Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab Tanaman Gagal Tumbuh dan Cara Mencegahnya

Kompas.com - 13/09/2021, 19:51 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa tanaman yang baru ditanam di halaman rumah, terkadang memiliki pertumbuhan yang kurang baik.

Bahkan sebagian tanaman ada yang tidak tumbuh, yang akhirnya mati. Bila demikian, apakah artinya tanaman gagal tumbuh?

Baca juga: Tips Membeli Tanaman Aglonema Secara Online

Melansir dari Gardening Know How, Senin (13/9/2021), jika melihat daun tanaman menguning dan jatuh atau cabang mati, hal itu mungkin menandakan kegagalan pembentukan daun.

Sementara itu, tanaman gagal tumbuh memiliki beberapa penyebab, termasuk penyakit dan hama.

Karena itu, tanaman yang baru ditanam membutuhkan perawatan dan perhatian yang memadai agar dapat tumbuh serta berkembang di kebun. 

Baca juga: Begini Cara Merawat Tanaman Saat Cuaca Panas

Selain itu, tanaman harus ditempatkan di lokasi yang tepat, ditanam dengan benar, dan diberikan air dengan jumlah tepat untuk bisa tumbuh. 

Ketika salah satu dari faktor-faktor ini kurang, tanaman tidak akan tumbuh dengan baik. Tanaman gagal tumbuh memiliki ciri-ciri seperti kehilangan daun dan layu. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Cocok di Apartemen Kecil 

Mencegah tanaman gagal tumbuh

Jika Anda memahami mengapa tanaman gagal tumbuh, biasanya Anda dapat mencegahnya. Karena itu, Anda harus mengamati ciri-ciri kerusakan yang ada pada tanaman. 

Misalnya, daun tanaman yang mengering dapat disebabkan terlalu banyak terpapar sinar matahari atau daun yang layu karena terlalu banyak penyiraman. 

Baca juga: Cara Membasmi Hama Tungau pada Tanaman Cabai

Untuk mencegah tanaman gagal tumbuh, sebelum melakukan penanamnya, pastikan bahwa tanaman cocok tumbuh di lokasi yang hendak ditanama seperti kebutuhan sinar matahari dan sirkulasi udara.

Hal lainharus diperhatikan adalah beberapa tanaman membutuhkan sinar matahari penuh, sebagian lebih menyukai sinar matahari parsial, dan beberapa lebih suka tempat yang terkena naungan.

Baca juga: Apakah Kulit Kentang Bisa Dijadikan Pupuk Tanaman? Ini Penjelasannya

Jika meletakkan di tempat yang salah, tanaman tidak akan tumbuh dengan baik, yang kemudian mati. Memahami dengan baik hal yang diperlukan tanaman dapat mencegah tanaman gagal tumbuh.

Biasanya, ketika membeli tanaman, akan ada keterangan paparan sinar matahari seperti apa yang dibutuhkan.

Baca juga: Tanaman Artificial Pilihan yang Pas untuk yang Tak Punya Banyak Waktu

Selain itu, tanaman yang baru ditanam harus dapat menyebarkan akarnya ke tanah di lokasi baru. Untuk memastikan hal tersebut, siapkan lubang tanam yang besar dan longgarkan tanah di semua sisinya.

Longgarkan akar tanaman juga jika mereka terlihat meringkuk di dalam pot. Kemudian, posisikan tanaman di dalam lubang pada kedalaman yang benar, yakni tidak terlalu dangkal dan dalam.  

Baca juga: Cara Membasmi dan Mencegah Hama Kutu Putih pada Tanaman Aglonema

Terakhir, mencegah tanaman gagal tumbuh adalah berhati-hati dengan media tanah yang digunakan. Jika menggunakan media tanam berat seperti tanah liat, hindari menyiramnya terlalu banyak.

Sebab, terlalu banyak air dapat merusak akar, jadi Anda harus menjaga keseimbangan dengan menjaga penyiramannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com