Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Tinggalkan Kipas Angin Menyala Tanpa Pengawasan, Bisa Terbakar

Kompas.com - 10/09/2021, 11:21 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kipas angin adalah salah satu perangkat elektronik yang dapat membantu seseorang mendapatkan udara sejuk di suatu ruangan.

Namun, ketika menyalakan kipas angin, khususnya kipas angin berdiri, penting untuk selalu menyalakannya hanya ketika ada seseorang.

Jadi, kamu tidak boleh membiarkan kipas angin di suatu ruangan rumahmu terus menyala apabila tidak ada seseorang.

Baca juga: 4 Penyebab dan Cara Mengatasi Kipas Angin Langit-langit Macet

Bukan tanpa alasan, kipas angin yang dibiarkan terus menyala tanpa pengawasan bisa saja terbakar.

Dilihat dari akun TikTok @Delloitti, Jumat (10/9/2021), terdapat sebuah video CCTV yang memperlihatkan sebuah kipas angin berdiri yang terbakar.

Pada awal video tersebut, tampak tidak ada hal aneh, yang mana sebuah kipas angin menyala di sebuah ruangan yang tidak ada seseorang sama sekali.

Namun, selang beberapa detik kemudian, putaran baling-baling kipas angin tiba-tiba mati, dan bagian motor kipas angin mengeluarkan api.

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Kipas Angin Tanpa Harus Dibongkar

Tak lama kemudian, api yang berasal dari bagian motor kipas angin menyambar ke kabel steker hingga menghasilkan api yang cukup besar.

Terkait dengan video tersebut, tentunya ini bisa menjadi sebuah pelajaran yang sangat penting. Jadi, bagi kamu yang sering menggunakan kipas angin, jangan lupa untuk mematikannya apabila hendak pergi atau meninggalkan rumah.

Dilansir dari A Fresher Home, kipas angin yang terbakar bisa disebabkan oleh motor atau mesin penggeraknya. Motor kipas angin memiliki kawat (kontak konduktif listrik) yang dapat aus dan akhirnya aus setelah lama digunakan.

Jika motor kipas angin atau masalah lain muncul, arus listrik dapat meningkat banyak, menyebabkannya menjadi panas, hingga membuatnya terbakar. Oleh sebab itu, kamu tidak boleh meninggalkan kipas angin yang tampaknya bermasalah atau terlihat usang menyala tanpa pengawasan saat pergi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com