Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kucing Suka Bersembunyi? Ini Penjelasannya

Kompas.com - 06/09/2021, 21:07 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Cuteness

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing memiliki perilaku yang lucu, salah satunya suka bersembunyi. Kucing yang masih kecil paling senang melakukan perilaku ini. 

Melansir dari Cuteness, Senin (6/9/2021), bersembunyi adalah perilaku alami yang biasa dilakukan kucing, baik kucing peliharaan maupun kucing liar

Baca juga: 10 Penyebab Kucing Tidur Lebih Sering dari Biasanya

Sebagian besar perilaku ini dilakukan sebagai upaya untuk tetap aman dari potensi bahaya. Taktik bertahan hidup ini tak terlepas dari nenek moyang kucing peliharaan yang diyakini sebagai kucing liar atau macan tutul Afrika Utara atau Asia Tenggara menurut The Library of Congress.

Kucing liar secara alami mencari perlindungan di kandang sehingga memungkinkannya untuk tidak terlihat dan dijangkau oleh pemangsa serta menjaganya terlindung dari kondisi cuaca buruk.  

Sementara itu, kucing rumahan atau peliharaan jelas menghadapi bahaya yang lebih kecil daripada kucing liar atau yang tinggal di luar ruangan.

Baca juga: 3 Cara agar Lebih Dekat dengan Kucing Peliharaan, Menurut Dokter Hewan

Namun, kucing peliharaan mencari perlindungan dari pemicu stres seperti suara keras, pengunjung baru, atau saat berada di tempat yang tidak menyenangkan. 

Kucing juga dapat bersembunyi ketika mengalami kesakitan atau menderita penyakit. Hal ini dilakukan kucing untuk menghemat energi.

Jika Anda memperhatikan kucing peliharaan tiba-tiba bersembunyi, pemeriksaan kesehatan umum mungkin perlu dilakukan.

Sedangkan, untuk kucing sehat yang bersembunyi, biarkan mereka bersembunyi sebagai upaya menikmati kesendirian. 

Baca juga: Kucing Tiba-tiba Nakal? Ini Penjelasan Dokter Hewan 

Tempat persembunyian kucing 

Banyak kucing rumahan merasa lebih nyaman meringkuk di sudut yang aman dan tenang daripada berbaring di tempat terbuka.

Umumnya, kucing bersembunyi di tempat gelap dan tidak terlihat seperti di bawah tempat tidur atau sofa, lemari, atau di tempat yang sempit antara perabot dan dinding.

Beberapa orang bahkan menemukan kucing mereka di laci meja rias, lemari dapur, kamar mandi, di balik tirai, bahkan di dalam furnitur seperti pegas kotak atau bagian bawah sofa. 

Baca juga: Kenali, Ini 5 Tanda Kucing Sedang Marah

Membuat tempat yang aman untuk bersembunyi 

Seekor kucing yang baru mengenal lingkungan baru mungkin membutuhkan sedikit waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan dan rutinitas baru.

Tak heran, mereka akan lebih banyak bersembunyi dan ruang persembunyian menawarkan rasa aman selama transisi yang tidak nyaman tersebut. 

Baca juga: 8 Ras Kucing Bermata Besar yang Lucu dan Menggemaskan

Beri kucing sejumlah tempat persembunyian di sekitar rumah. Anda dapat meletakkan rumah-rumahan kucing di sudut ruang tamu atau kamar tidur, menyediakan tiang garukan, lubang persembunyian, dan rak tempat kucing dapat mengamati wilayahnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com