Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Penyebab Kucing Tidur Lebih Sering dari Biasanya

Kompas.com - 06/09/2021, 13:40 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber PawMaw

JAKARTA, KOMPAS.com - Kucing merupakan hewan yang gemar tidur sehingga bukan hal aneh melihat mereka lebih sering berbaring dan terlelap.

Rata-rata kucing tidur 12-16 jam dalam sehari. Jumlah ini lebih meningkatkan pada anak kucing dan kucing yang lebih tua, yakni 20 jam sehari. 

Baca juga: 3 Cara agar Lebih Dekat dengan Kucing Peliharaan, Menurut Dokter Hewan

Akan tetapi, jika kucing peliharaanmu tidur lebih banyak dari biasanya, kemungkinan besar ada sesuatu yang sedang dialaminya dan kamu harus mewaspadai.

Dilansir dari Pawmaw, Senin (6/9/2021), berikut ini penyebab kucing tidur lebih sering dari biasanya. 

Baca juga: Kucing Tiba-tiba Nakal? Ini Penjelasan Dokter Hewan

Tidur siang 

Tidur siang kucing biasanya berlangsung antara 15-30 menit sepanjang hari. Ini adalah cara kucing menyimpan energi ketika tiba-tiba ada makanan, mangsa, atau ancaman.

Kucing mungkin tampak sedang tidur, tetapi sebagian besar mereka berjaga-jaga dan akan melompat dan mengejar ketika merasakan gerakan. 

Baca juga: Tips agar Kucing Tak Naik ke Meja

Merasa bosan 

Kucing yang merasa bosan atau stres akan memilih untuk tidur lebih lama dari biasanya, yakni 12-16 jam.

Cobalah menumbuhkan lingkungan yang lebih merangsang di rumah untuk mencegah kucing bosan. Kamu dapat menyediakan mainan dan meluangkan setidaknya 10 menit untuk bermain dengan kucing. 

Baca juga: Kenali, Ini 5 Tanda Kucing Sedang Marah

Obesitas 

Obesitas adalah salah satu alasan kucing tidur lebih banyak atau sering. Selain makan berlebihan, obesitas pada kucing juga bisa disebabkan pola makan yang tidak seimbang dan kurang bergerak. 

Seekor kucing rata-rata harus diberi makan tiga sampai empat porsi kecil setiap hari. Beri kucing makanan yang kaya protein. 

Baca juga: 8 Ras Kucing Bermata Besar yang Lucu dan Menggemaskan

Kucing yang dibiarkan sendirian hampir sepanjang hari dengan semua makanan bisa membuatnya lebih cenderung mengalami kelebihan berat badan.

Jika kamu harus pergi untuk waktu yang lama, gunakan pengumpan makanan otomatis dengan kontrol porsi agar kucing tidak makan berlebihan serta mengajaknya lebih banyak bergerak. 

Baca juga: Benarkah Kucing Mendengkur Tanda Bahagia? Ini Penjelasannya

Usia

Seiring bertambahnya usia, kucing akan lebih banyak tidur selama 18-20 jam sehari. Meski begitu, kucing tetap menjalani rutinitas pada jam-jam mereka bangun, entah itu berkeliaran, mencari makanan, dan mencari perhatian sebelum tidur siang lagi.

Namun, jika kucing tampak lesu sepanjang waktu, mungkin ada kondisi medis yang mendasarinya dan saatnya mengunjungi dokter hewan. 

Baca juga: 7 Tanaman Hias yang Beracun untuk Kucing

Depresi 

Jika tidur berlebihan disertai dengan tanda-tanda lain seperti kehilangan nafsu makan, menghindar, dan perilaku tidak biasa lainnya, ini bisa berarti kucing mengalami depresi.

Halaman:
Sumber PawMaw
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com