Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Jenis Burung Berkepribadian Lembut yang Cocok Dipelihara

Kompas.com - 30/08/2021, 15:52 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain anjing dan kucing, burung menjadi salah satu hewan yang cukup banyak dipelihara. Memelihara burung terbilang cukup mudah dan perawatannya juga murah. 

Burung tidak memerlukan pakan atau nutrisi yang banyak, memandikannya juga mudah dan tidak memerlukan banyak air, serta kandangnya tidak perlu dibersihkan setiap hari. 

Baca juga: Tips Membersihkan Kandang Burung Peliharaan

Namun, ada beberapa hal yang membuat kamu harus bersabar saat memelihara burung seperti suara atau kicau burung yang terkadang membuat keberisikan dan mengganggu. 

Sebagai solusi, Anda dapat memelihara jenis burung yang lebih ramah dan memiliki suara lembut, bahkan jarang berkicau. 

Baca juga: Para Pemilik Harus Tahu, Ini Tanda-tanda Depresi pada Burung

Selain itu, jenis burung ini juga burung memiliki kepribadiaan yang santai, penuh kasih sayang dengan pemiliknya, dan tidak memiliki kecenderungan untuk menggigit.

Melansir dari laman The Spruce Pets, Senin (30/8/2021), berikut ini lima jenis burung yang paling lembut yang cocok dipelihara.  

Baca juga: 3 Burung Peliharaan yang Cocok Dipelihara Bersama Anak-anak 

Beo pionus 

Burung beo Pionus yang cantik dan bersuara lembut telah mendapatkan reputasi sebagai beberapa burung peliharaan yang paling lembut.

Meski sangat cerdas dan berkembang dalam lingkungan sosial, burung beo Pionus cenderung lebih mandiri daripada beberapa spesies lain.

Hal ini biasanya membuat beo {ionus sedikit kurang moody daripada spesies beo lainnya yang menuntut perhatian. 

Baca juga: 8 Burung Peliharaan Terbaik untuk Kamu yang Sibuk

Merpati 

Ilustrasi burung merpatiUnsplash/Douglas Bagg Ilustrasi burung merpati
Merpati dipandang sebagai simbol perdamaian dan cinta di seluruh dunia. Tak heran, jika merpati adalah salah satu spesies burung yang paling lembut.

Burung tenang ini menjadi hewan peliharaan yang sangat baik, bahkan merupakan pilihan terbaik untuk Anda yang tinggal di apartemen.

Burung merpati dapat mentoleransi penanganan dengan baik, tetapi tidak menuntut perhatian dari pemiliknya. 

Baca juga: 3 Jenis Burung Peliharaan yang Baik untuk Anak-anak

Eclectus

Eclectus adalah spesies burung beo besar yang dikenal sebagai burung penyayang. Burung-burung ini bersosialisasi baik dengan pemiliknya dan menjadi cemburu jika merasa diabaikan.

Beberapa orang menyebut Eclectus jantan lebih ramah, sementara Eclectus betina sangat lincah, terutama jika sedang bersarang.

Namun, burung betina cenderung menangani stres dengan lebih baik, yang dapat membuat mereka lebih kecil kemungkinannya untuk menyerang. 

Baca juga: Mungkinkah Kita Memelihara Burung Hantu Seperti Harry Potter? 

Cockatiel

Ilustrasi burung CockatielsUnsplash/Ursula Gamez Ilustrasi burung Cockatiels
Cockatiel telah lama menjadi burung peliharaan yang populer karena sikapnya yang lembut dan penuh kasih sayang.

Burung-burung ini suka bermain dan aktif, suka bersiul, meniru suara di rumah, sangat ramah dengan orang sekitar, dan bisa dipegang. 

Baca juga: 5 Makanan yang Tingkatkan Sistem Kekebalan Burung agar Tak Mudah Sakit 

Kutilang

Memelihara burung kutilang haruslah lembut karena mereka adalah burung kecil yang agak rapuh. Burung kutilang banyak dijadikan hewan peliharaan.

Sebaiknya, memilih kutilang kecil untuk dipelihara dan letakkan di kandang sebesar mungkin sehingga burung bisa berolahraga dan menikmati kicauan dan kicauannya yang menyenangkan sepanjang hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com