Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 29/08/2021, 08:12 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika menginap atau staycation di hotel, salah satu perlengkapan yang boleh dibawa pulang adalah perlengkapan mandi seperti sampo

Sayangnya, sampel sampo gratis ini justru jarang digunakan sehingga membuatnya menumpuk di rumah

Baca juga: Sampo Juga Bisa Jadi Pembersih Rumah, Ini 6 Caranya

Padahal, selain untuk keramas, sampo hotel dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan seperti sabun mandi, detergen, hingga membersihkan rumah

Nah, melansir dari The Spruce, Minggu (29/8/2021), berikut ini tujuh manfaat sampo hotel selain untuk mencuci rambut alias keramas. 

Baca juga: Bolehkah Menggunakan Sampo Manusia untuk Memandikan Kucing?

Sabun cair

Tak hanya keramas, sampo hotel juga bisa digunakan untuk membuat sabun tangan cair dan harganya pun jauh lebih murah daripada sabun cair isi ulang apa pun. 

Caranya, cukup isi ulang tempat sabun cair Anda dengan sekitar sepertiga sampo, kemudian tambahkan air, dan kocok agar kedua bahan tercampur.

Selain itu, sampo cair juga bisa digunakan untuk membuat isi ulang sabun berbusa. Caranya, cukup encerkan sampo lebih banyak ke dalam botol dan tambahkan sedikit air. Kocok keduanya sampai menjadi busa. 

Baca juga: Usir Serangga Tanaman Sayuran, Pakai Minyak Goreng hingga Sampo Bayi

Krim cukur

Singkirkan krim cukur dari daftar belanja Anda untuk selamanya. Sampo juga dapat dimanfaatkan untuk menjadi krim cukur dan cairan tidak akan meninggalkan noda karat pada wastafel

Caranya, campurkan sampo dan kondisioner bersama-sama (atau gunakan sampo two-in-one) ke dalam botol semprot, lalu aduk keduanya sampai tercampur rata. Sampo dan kondisioner ini dapat memberikan kelembapan ekstra pada kulit

Baca juga: 6 Cara Menciptakan Kamar Tidur Semewah Hotel 

Sabun mandi

Selain sabun tangan, sampo hotel juga bisa digunakan sebagai pengganti sabun mandi atau tubuh. Tak perlu khawatir, sampo ini bakal mengeluarkan busa yang tak kalah banyak dari sabun mandi dan aromanya juga harum.

Untuk memanfaatkannya, tambahkan sebotol sampo ke dalam air mandi Anda sebagai pengganti mandi busa. Bisa pula mencampurkan garam atau gula ke dalam sampo untuk membuat lulur. 

Baca juga: 8 Kesalahan Saat Membersihkan Noda, Pakai Sabun hingga Air Panas 

Detergen 

Ketika sedang bepergian dan ingin mencuci beberapa pakaian, Anda bisa menggunakan sampo hotel sebagai pengganti detergen untuk mencuci pakaian

Masukkan sampo ke dalam sebaskom air atau ember berisi pakaian yang hendak dicuci. Rendam cucian selama beberapa menit, lalu kucek-kucek pakaian.

Selain pakaian kecil seperti pakaian dalam, sampo hotel bahkan bisa membersihkan pakan berat seperti sweater, celana, dan kaus. 

Baca juga: Mana yang Lebih Baik, Detergen Bubuk atau Detergen Cair? 

Membersihkan noda

Selanjutnya, manfaat sampo hotel adalah dapat mengilangkan noda berat pada pakaian seperti noda minyak dan darah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com