Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Membuat Kegiatan Membersihkan Rumah Menjadi Lebih Seru

Kompas.com - 17/08/2021, 14:17 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah yang bersih adalah rumah yang bahagia, tapi mungkinkah membersihkan rumah menjadi kegiatan seru?

Jika Anda bertanya bagaimana membuat pembersihan rumah menjadi menyenangkan, Anda tidak sendirian. Daftar tugas membosankan kuno ini sepertinya semakin panjang. 

Baca juga: 10 Trik Membersihkan Rumah dengan Bahan-bahan di Dapur, Patut Ditiru

Selain membersihkan permukaan meja dan lantai, Anda juga harus membersihkan dinding, kipas langit-langit, bahkan membersihkan mesin pencuci piring. 

Namun, tak perlu khawatir, ada berbagai cara membuat kegiatan ini menjadi lebih mudah dan menyenangkan. 

Dikutip dari laman My Domaine, Selasa (17/8/2021), berikut ini tips membuat kegiatan membersihkan rumah menjadi lebih seru dan mudah. 

Baca juga: 7 Trik Membersihkan Rumah dari TikTok yang Mudah Diterapkan 

Menonton acara televisi favorit  

Membersihkan rumah sambil menonton acara televisi favorit bisa menjadi lebih enteng, seru, dan cepat selesai. 

Anda dapat membersihkan rak buku sambil menonton televisi tanpa kehilangan terlalu banyak alur cerita acara favorit Anda. Dengan demikian, dapat menyelesaikan tugas berbarengan berakhirnya acara televisi. 

Baca juga: 6 Minyak Esensial yang Bisa Dipakai untuk Membersihkan Rumah

Beli perlengkapan kebersihan yang Anda suka

Menghabiskan biaya ekstra untuk memilih perlengkapan kebersihan yang disukai dapat membuat tugas yang membosankan menjadi lebih menyenangkan. 

Misalnya, menggunakan sapu dengan warna favorit Anda atau sabun pencuci piring dengan aroma yang disuka seperti lemon atau apel. 

Baca juga: 5 Trik Membersihkan Rumah dengan Cepat dan Praktis

Jadikan sebagai olahraga

Menghabiskan waktu seharian untuk membersihkan rumah sama dengan melakukan kelas pilates. Sesi pembersihan yang baik adalah olahraga bagi tubuh karena seluruh tubuh bergerak saat membersihkan rumah. 

Ketika itu, detak jantung bakal meningkatkan tanpa mencobanya. Bila sengaja ingin meningkatkannya, tantang diri Anda untuk naik-turun tangga setiap menit membersihkan debu.

Bisa pula melakukan 30 detik jumping jack setelah setiap sesi vakum setiap ruangan. Tentu saja, ini meyehatkan bagi tubuh serta dapat menurunkan berat badan.  

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Rumah di Sela-sela Kesibukan 

Mendengarkan Podcast favorit 

Sama dengan menonton acara televisi favorit, mendengarkan Podcast favorit juga dapat membantu kegiatan membersihkan rumah menjadi lebih seru.

Putarlah kanal Podcast favorit Anda saat sedang bersih-bersih rumah. Dengan mengalihkan perhatian terhadap Podcast, Anda akan menyelesaikan pekerjaan rumah tanpa menyadarinya. 

Baca juga: 5 Mitos Tentang Cara Membersihkan Rumah yang Sebenarnya Keliru 

Tetapkan batas waktu

Sering kali setiap melakukan pembersihan kita sering dibebani perasaan berat seperti "pekerjaan ini tidak pernah selesai". Hal ini tentu membuat membersihkan rumah menjadi berat meski belum dilakukan.

Cara untuk melawan perasaan itu adalah menetapkan batas waktu. Berapa lama Anda akan membersihkan—satu jam pembersihan diikuti dengan satu jam acara TV favorit Anda.

Bisa pula mencurahkan hari Sabtu penuh untuk bersih-bersih sampai batas waktu pukul 18.00, lalu menentukan pembersihan berikutnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber My Domaine
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com