Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Noda pada Gagang Pintu Bahan Kuningan

Kompas.com - 12/08/2021, 10:42 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak pemilik rumah memilih perangkat keras kuningan untuk perangkat keras eksterior atau interior karena warna emasnya yang cemerlang. Akan tetapi, dibalik itu semua, perangkat keras seperti gagang pintu yang terbuat dari kuningan ini dapat membentuk karat.

Melansir dari Home Guides SF Gate, Kamis (12/8/2021), karena kuningan murni tidak mengandung besi, sehingga tidak dapat membentuk karat yang sebenarnya, tetapi terkadang menimbulkan noda atau korosi berwarna merah atau hijau jika tidak disegel dengan benar.

Berikut cara membersihkan gagang pintu berbahan kuningan dari karat atau korosi maupun noda. 

Baca juga: 5 Manfaat Saus Tomat, Bersihkan Panci hingga Gagang Pintu

1. Periksa bahan

Menghilangkan noda dari perangkat keras kuningan mudah dilakukan dengan menggunakan bahan rumah tangga biasa dan sedikit tenaga manual.

Namun, noda akan muncul kembali seiring waktu jika perangkat keras tidak dikeringkan dan diminyaki setelah dibersihkan.

Kuningan adalah kombinasi dari dua logam utama, yaitu tembaga dan seng. Untuk melindungi kuningan dari oksidasi atau noda, pabrikan menerapkan pelapis bening sebelum kuningan dapat mencegah noda tersebut.

Meski demikian, sebelum Anda mulai, pastikan perangkat keras Anda benar-benar terbuat dari kuningan. Sebab, banyak perlengkapan perangkat keras dapat terlihat seperti kuningan padat tetapi sebenarnya adalah baja berlapis kuningan, seng atau besi cor.

 

Baca juga: Kaleidoskop 2020: Desain Pintu Menarik, Tanpa Gagang hingga Bifold

Periksa apakah perangkat keras Anda benar-benar kuningan dengan menerapkan magnet ke logam. Magnet tidak akan menempel pada kuningan padat.

Jika magnet menempel, potongan itu berlapis kuningan tipis, jadi bersihkan barang-barang berlapis dengan lembut hanya dengan mencuci dengan air sabun panas tanpa menggosok atau memoles secara agresif.

2. Bersihkan dengan saus tomat

Jika bahan tersebut kuningan, bersihkan mulai dari melepas perangkat keras kuningan tersebut. Tempatkan sekrup di tempat yang aman agar tidak hilang selama proses pembersihan.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com