Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mencampur Cat Minyak dengan Tiner agar Merata

Kompas.com - 18/07/2021, 11:00 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Apabila berencana mengecat material besi dan kayu di rumah, kamu mungkin bingung tentang cara mencampurkan cat minyak dengan tiner.

Mencampur cat minyak dengan tiner memerlukan perhitungan tepat, salah sedikit bisa berdampak buruk pada kualitasnya. Demi menghasilkan campuran yang merata dan sesuai, ketahui cara mencampurkan cat minyak dengan tiner.

Dikutip dari kanal YouTube Tukang Rumah Channel, Minggu (18/7/2021), berikut ini cara mencampur cat minyak dengan tiner agar merata. 

Baca juga: Mudah dan Praktis, Cara Membersihkan Berbagai Jenis Noda Cat di Kulit

Siapkan wadah kosong

Sebelum mencampur cat minyak dengan tiner, sediakan wadah kosong yang bisa menampung campuran. Jadi, kamu harus menyiapkan dua wadah. Wadah pertama berisi cat minyak dan satunya lagi wadah kosong.

Tuang tiner ke dalam cat minyak

Selanjutnya, isi tiner secukupnya ke dalam cat minyak (kira-kira 100 mililiter tiner untuk empat liter cat minyak). Perhatikan jumlah tiner saat mencampurnya dengan cat minyak, jangan sampai terlalu banyak.

Baca juga: 4 Trik Mudah Menghilangkan Noda Cat yang Menempel di Lantai Keramik 

Jika menggunakan tiner terlalu banyak, hal itu bisa membuat cat minyak menjadi encer dan mudah terjatuh dari permukaan saat diaplikasikan ke material besi dan kayu.

Tuang campuran cat minyak dan tinner ke wadah kosong

Tuang cat minyak yang telah dicampur tiner ke dalam wadah kosong yang telah disiapkan. Tuang secara perlahan untuk memastikan tidak ada tumpahan. 

Baca juga: Begini Cara Mencampurkan Cat Dinding dengan Air

Larutkan cat minyak dengan tiner

Setelah campuran cat minyak dan tiner dimasukkan ke wadah kosong, tuang kembali isi ke wadah sebelumnya.

Kemudian, tuangkan campuran cat minyak dan tiner ke wadah kosong sebanyak tiga sampai empat kali agar bisa membuat campuran cat minyak dan tiner merata.

Campuran cat minyak dan tiner yang merata tentunya akan memudahkan saat mengecat permukaan material besi dan kayu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com