Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/07/2021, 19:55 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring berjalannya waktu, kemajuan teknologi turut menjadi bagian yang ikut diimplementasikan ke dalam sebuah bangunan rumah, salah satunya memasang lift atau home lift.

Bagi sebagian orang, memasang lift di rumah kerap dianggap sebagai hal mewah dan modern. Namun, pemasangan lift di rumah pada hakikatnya berfungsi membantu mobilitas naik-turun lantai rumah, khususnya mereka yang memiliki masalah medis dan sudah lansia.

Baca juga: Home Lift Solusi Mudah Naik-Turun Lantai di Rumah Bertingkat

Wendy Sudibyo, arsitek dari Studio Kota Architecture, mengatakan bahwa ada dua unsur yang didapat penghuni rumah saat memasang home lift di rumah.

"Dalam unsur fungsi, home lift mempermudah aktivitas manusia berpindah dari lantai satu ke lantai lainnya sehingga fungsi dari tiap lantai dan ruangan dapat digunakan secara maksimal," jelas Wendy dalam Press Briefing Home Lift: Solusi Cerdas Pelaku Usaha di Jakarta, Rabu (7/7/2021). 

Baca juga: 8 Ide Apik untuk Merapikan Area Tangga di Rumah yang Bertingkat

Home lift sendiri merupakan salah satu alat yang dapat memberikan nilai tambah bagi keindahan atau estetika dan fungsi bangunan.

Dalam unsur keindahan atau estetika, Wendy mengatakan bahwa penempatan home lift yang sesuai dapat membuat bangunan terlihat lebih mewah dan elegan.

Selain itu, ada beberapa manfaat memasang lift di rumah seperti dikutip dari laman Nurse Next Door

Baca juga: Tips Aman Meletakkan Kotak P3K di Rumah

Menghemat ruang

Hal ini mungkin terdengar aneh, tetapi lift sebenarnya dapat menghemat banyak ruang di dalam rumah ketimbang tangga yang sering kali jauh lebih besar memakan banyak ruang.

Poros lift sangat sempit dan hanya membutuhkan sedikit ruang. Beberapa lift dapat dipasang di luar bangunan, yang memberi pemilik rumah sebuah pintu masuk di setiap lantai.

Tapi, perlu diingat bahwa ini tergantung pada ukuran rumah, gaya, dan lokasi di mana lift dipasang. 

Baca juga: Berapa Jarak Antar Anak Tangga yang Ideal? Berikut Penjelasannya

Lebih fungsional dari tangga

Sebagian besar pemilik rumah tahu betapa mengerikan dan melelahkannya membawa barang-barang berat ketika menaiki anak tangga.

Lift tidak hanya mempermudah pemindahan barang, tetapi juga menghilangkan risiko yang dapat terjadi seperti tersandung dan jatuh. 

Lift di dalam rumah memberi manfaat begitu banyak bagi para manula atau seseorang dengan masalah medis yang kesulitan berjalan, terlebih bagi mereka yang menggunakan kursi roda.

Memasang lift di rumah dapat memberikan kebebasan lebih bagi manula untuk bergerak dan hidup nyaman di rumah. 

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Granit vs Keramik untuk Lantai Rumah

Sangat aman dan mencegah terjatuh

Salah satu manfaat terbesar memasang lift di rumah adalah keamanan yang diberikannya. Lift dapat mengurangi risiko potensi bahaya yang datang saat menaiki atau menuruni anak tangga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com