Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 07/01/2023, 10:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Freezer adalah salah satu peralatan elektronik rumah tangga yang sangat berguna. Freezer memudahkan kita untuk menyimpan bahan makanan, serta mengawetkan sayuran, buah-buahan, dan daging agar tidak cepat rusak.

Selain itu, freezer juga memungkinkan kita membuat es batu kapan saja sesuai kebutuhan. Untuk memastikan semua makanan itu tetap aman dan segar, Anda harus menyimpannya dengan benar.

Nah, suhu freezer pun harus selalu diperhatikan. Berikut penjelasan mengenai suhu freezer yang ideal, seperti dikutip dari Family Handyman. 

Baca juga: Tips Pilih Brokoli Segar dan Cara Simpan di Kulkas Freezer

Ilustrasi menyimpan daging di kulkas atau freezerSHUTTERSTOCK/DOVZHYKOV ANDRIY Ilustrasi menyimpan daging di kulkas atau freezer

Suhu freezer yang ideal

Titik beku untuk air dan banyak bahan makanan adalah nol derajat celcius, jadi Anda mungkin berpikir bahwa freezer akan aman jika dipasang di suhu itu. Namun, anggapan ini salah.

Suhu ideal freezer adalah minus 17 derajat celcius. Suhu yang lebih dingin memastikan makanan membeku dan mencegah kerusakan.

Cara memastikan freezer tetap berfungsi dengan baik

Meskipun pengaturan suhu rendah sangat penting, ada elemen kunci lain untuk memastikan bahwa freezer berfungsi dengan baik, yakni sirkulasi. Freezer membutuhkan aliran udara yang tepat untuk mempertahankan suhu yang tepat dan menjaga setiap zona freezer tetap dingin.

Baca juga: Antiribet, Ini Cara Membersihkan Bunga Es di Freezer

Jangan menjejalkan freezer hingga penuh, dan hindari menghalangi kipas.

Selain itu, untuk menjaga agar freezer berfungsi dengan baik adalah lakukan defrost freezer atau mencairkan bunga es di freezer secara teratur. Tidak hanya agar tetap bekerja secara efisien, defrost mencegah penumpukan bunga es. 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com