Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/05/2021, 13:30 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika selama ini banyak orang berpikir mencuci pakaian menggunakan deterjen dan air biasa bisa membersihkan pakaian secara menyeluruh, anggapan ini ternyata salah.

Sebab, dilansir dari Reader's Digest, Jumat (21/5/2021), ada beragam bahan alami yang bisa membantu membersihkan pakaian dari noda dan bau yang tak sedap.

Apa saja bahan alami tersebut? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Tips Cerdas Menjaga Lemari Pakaian Anak Tetap Rapi

1. Air perasan lemon

Menambahkan air perasan lemon pada pakaian yang dicuci dapat mencerahkan pakaian, menghilangkan noda, serta membuat pakaian berbau lemon segar.

Untuk mengaplikasikannya, gunakan pemutih yang dicampurkan dengan perasan lemon dan masukkan ke dalam mesin cuci setelah penggunaan deterjen pakaian. Setelahnya, bilas pakaian menggunakan air bersih.

2. Garam

Tak hanya dapat menambahkan rasa pada berbagai sajian makanan, namun garam juga dapat membersihkan noda di pakaian. Namun, menggunakan garam ini tergantung dari jenis nodanya, misalnya noda darah harus direndam dalam air dingin berisi garam.

Sementara itu, untuk menghilangkan noda minyak, tutupi noda tersebut dengan garam sebelum dicuci. Garam akan menyerap minyak tersebut dari pakaian.

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Noda Kopi pada Pakaian

3. Soda kue atau baking soda

Soda kue merupakan pembersih pakaian alami yang lebih ekonomis dan aman. Untuk penggunaannya, taburkan setengah cangkir soda kue atau baking soda ke dalam mesin cuci saat Anda menambahkan deterjen di awal siklus pencucian untuk menghasilkan pakaian yang lebih bersih.

4. Obat kumur

Tak disangka, obat kumur pun bisa menjadi pembersih alami pakaian, khususnya pakaian olahraga.

Cukup masukkan secangkir obat kumur tanpa gula dan berbahan dasar alkohol ke dalam siklus pencucian biasa untuk membersihkan pakaian olahraga Anda dari bakteri dan kotoran.

Atau Anda dapat menambahkan setengah cangkir obat kumur ke mode bilas. Selain itu, obat kumur juga merupakan cara yang bagus untuk membersihkan drum mesin cuci Anda.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com