Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/03/2021, 14:00 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Techwalla

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernahkah saat Anda menonton TV, tiba-tiba ada garis vertikal pada layar TV Anda, khususnya jenis layar TV LCD? Kenapa layar TV bergaris secara tiba-tiba, tentu ini pertanyaan yang muncul.

Dilansir dari Techwalla, Jumat (12/3/2021), layar TV LCD adalah kemajuan dari layar TV tabung lama yang menggunakan daya jauh lebih sedikit, dan tampilan lebih mudah untuk dimanipulasi karena fleksibilitas kristal.

Jika Anda melihat garis vertikal di layar TV yang membuat Anda tidak dapat melihat gambar, ini paling sering disebabkan oleh perangkat keras internal yang rusak, kabel yang longgar, atau layar yang rusak.

Baca juga: 9 Tips untuk Membuat TV LED Lebih Tahan Lama

Berikut ini beberapa penyebab layar TV bergaris vertikal secara tiba-tiba.

1. Masalah pada perangkat keras

Agar layar TV LCD berfungsi dengan baik, warna merah, hijau dan biru perlu mengetahui di mana harus ditempatkan di layar untuk membentuk gambar. Setiap titik pada panel LCD memiliki fungsi horizontal dan vertikal untuk ketiga warna tersebut.

Jika ada sejumlah garis vertikal di layar Anda, fungsi horizontal tidak berfungsi dengan benar atau kolom tidak merespons dengan semestinya.

Ini bisa menjadi tanda pita longgar atau terputus yang bertanggung jawab untuk memindahkan data dari papan utama ke panel LCD. Jika pita longgar, kemungkinan besar itu yang menghubungkan papan ke panel depan.

Baca juga: TV Layar Datar Sebaiknya Dipasang di Dinding atau Diletakkan di Meja?

2. Papan T-Con

Papan t-con di TV LCD bertindak sebagai jembatan antara panel LCD itu sendiri dan papan utama. Jika ada yang salah dengan papan t-con, itu bisa menghasilkan tampilan yang salah.

Papan t-con yang gagal adalah penyebab umum dari masalah ini di TV LCD. Jika Anda merasa nyaman memperbaiki sendiri TV Anda, suku cadang pengganti untuk model TV Anda sering kali dapat ditemukan secara online.

Papan itu paling sering ditemukan di tengah atas bagian belakang TV, sering kali ditutup dengan panel aluminium. Mengganti bagian ini bisa menjadi sebuah tantangan, jadi jika Anda merasa tidak nyaman memperbaiki TV Anda, hubungi produsen TV atau teknisi untuk mendapatkan perbaikan.

3. Kabel atau pita longgar

Kabel dan pita lepas yang menghubungkan panel LCD ke papan utama dapat menyebabkan gangguan pada gambar. Papan utama TV LCD paling sering ditemukan di bagian belakang TV, di bagian atas di tengah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com