Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/01/2021, 08:28 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Tumbler merupakan wadah yang dapat menampung dan menjaga air panas seperti seduhan kopi atau teh dengan waktu yang lebih lama daripada wadah lainnya.

Namun, kelemahannya adalah sering kali bau tak sedap akan tertinggal di dalam tumbler. Hal ini akan menyebabkan rasa tak enak saat ingin menggunakannya kembali.

Dilansir dari Hunker, Kamis (14/1/2021), pencucian biasa yang dikombinasikan dengan baking soda atau sedikit cuka dapat membuat bau tak sedap menghilang.

Baca juga: Jangan Langsung Mencuci Wajan Panas dengan Air Dingin, Kenapa?

Air hangat

Untuk menghilangkan bau tak sedap yang tertinggal di dalam tumbler bisa menggunakan air hangat yang diisikan ke dalamnya, kemudian diamkan selama beberapa jam dengan keadaan tertutup.

Setelah beberapa jam, bilas termos dengan air biasanya yang mengalir untuk menghilangkan baunya.

Cuci

Mencuci tumbler dengan air sabun hangat terkadang cukup untuk menghilangkan bau yang tertinggal. Tuangkan sedikit sabun cuci piring ke dalam tumbler, lalu isi dua pertiga bagiannya dengan air hangat.

Pasang kembali tutupnya, kocok tumbler, kemudian bilas dengan air bersih. Jika masih berbau atau tidak terlihat bersih, taburkan sedikit soda kue di dalamnya saat tumbler masih basah.

 

Baca juga: 5 Alasan Sebaiknya Tidak Lagi Mencuci Piring dengan Tangan

Gosok bagian dalam dengan kain lap yang dibungkus sikat botol untuk membantu menghilangkan kotoran. Bilas bagian dalam tumbler, serta tutupnya, tetapi jangan merendam bagian tersebut di dalam air.

Seka bagian luar dengan kain pencuci piring.

Cuka

Cuka menawarkan cara alami untuk menghilangkan bau di tumbler, mug perjalanan, dan botol air yang sulit dibersihkan. Tuang satu atau dua inci cuka putih ke dalam teko bersih, lalu isi sebagian besar dengan air panas.

Tutup tumbler, kocok, kemudian diamkan selama 30 menit atau lebih. Kosongkan tumbler, lalu biarkan cuka mengering. Cuka yang tersisa membantu menghilangkan bau yang tertinggal, dan akhirnya menguap tanpa bekas.

Bilas tumbler jika baunya hilang, atau ulangi perendaman.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com