Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/01/2021, 20:06 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Segala macam tren mungkin menjadi pembahasan yang menarik dan tak akan pernah ada habisnya untuk dibahas, karena sesuatu yang baru selalu bermunculan dan menjadi sorotan.

Sebuah tren tidak sekadar hanya terjadi di dunia teknologi, fashion, interior rumah dan sebagainya, tapi juga masuk pada tanaman hias.

Dan pada 2021 ini, ada banyak tanaman hias yang diprediksi banyak sumber bakal meledak dan menjadi sebuah tren, salah satunya adalah Chinese Money Plant atau biasa disebut juga dengan Pancake Plant.

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Bakal Populer pada Tahun 2021

Masih asing dengan nama Chinese Money Plant? Jika iya, maka pada artikel kali ini kita akan membahasnya, dilansir dari berbagai sumber, Rabu (13/1/2021).

Chinese Money Plant merupakan tanaman hias yang memiliki bentuk daun agak bulat dan sedikit meruncing dengan ukuran yang tidak terlalu besar, bentuknya inilah yang membuat tanaman ini disebut seperti tanamana koin China.

Nama ilmiah tanaman ini adalah Pilea Peperomioides, yang mana daun tanaman ini berwarna hijau cerah yang dapat memanjakan mata.

Meskipun bentuk daunnya sangat simpel, tapi mereka sangat elegan. Setiap daunnya seperti daun mengapung di atas batang yang tampak mungil.

Baca juga: Mengenal Kaktus Tulang Ikan, Tanaman Hias yang Bakal Populer di 2021

Asal-usul

Mengutip akun Youtube Sahabat Tanam TV, Pilea Peperomioides merupakan tanaman yang termasuk ke dalam keluarga Urticaceae.

Namun dalam penampakannya mereka lebih mirip kepada jenis peperomia, oleh karena itu namanya disebut pilea peperomioides.

Nama Pilea Peperomioides berasal dari bahasa Latin yang artinya mirip peperomia. Habitat aslinya berasal dari provinsi Yunnan dan Shichuan di Cina Selatan.

Sejarah

Mengulik tentang sejarahnya, George Forrest adalah orang barat pertama yang mengumpulkan Pilea Peperomioides, pada tahun 1906 dan 1910, di pegunungan Cang di Provinsi Yunan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com