Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Elemen yang Dapat Mengubah Tampilan Ruangan

Kompas.com - 07/12/2020, 08:22 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak bisa dipungkiri, mendekorasi rumah harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Namun, sebenarnya Anda bisa mendekorasi rumah dengan mengganti atau meletakkan beberapa hal kecil.

Dilansir dari Home Beautiful, Senin (7/12/2020), ada beragam aksesori kecil di dalam ruangan yang dapat memberikan nuansa yang berbeda saat diletakkan atau diganti tanpa harus mengeluarkan biaya yang sangat besar.

Baca juga: Ide Dekorasi agar Rumah Terasa Hangat dan Teduh Saat Musim Hujan

1. Lampu

Pencahayaan memiliki efek transformatif yang memengaruhi suasana rumah, misalnya ketika warna lampu agak redup akan menimbulkan efek lebih hangat dan romantis.

Gunakan lampu gantung di area ruang keluarga, ruang makan, ataupun ruang tamu akan membuat suasana lebih berbeda. Pilih model yang sesuai dengan dekorasi rumah Anda.

2. Koleksi
Pajangan seperti guci, atau benda seni lainnya dapat membuat ruangan terasa berbeda. Gantungkan lukisan atan foto di dinding area ruang keluarga, sehingga ruangan lebih terasa hidup.

3. Keramik

Pemilihan warna serta motif keramik juga dapat mengubah suasana ruangan, misalnya menggunakan keramik marmer akan membuat suasan ruang semakin mewah dan elegan atau menggunakan keramik gaya tempo dulu atau kayu membuat suasana semakin hangat.

Baca juga: Tips Memilih Keramik untuk Teras Rumah

4. Warna pintu
Pintu merupakan elemen pertama yang dilihat oleh semua orang untuk itu berikan kesan berbeda dengan pewarnaan pintu yang beda dari sebelumnya.

Anda bisa menggunakan warna pastel atau warna netral seperti abu-abu, hitam, atau coklat.

5. Tanaman hias

Selain menjadi penyegar ruangan, kini tanaman menjadi elemen dekorasi yang bisa diletakkan di beberapa ruangan dalam rumah seperti ruang tamu, ruang keluarga, dan lainnya.

Pilih tanaman yang kuat di dalam ruangan, dan letakkan di beberapa pojok ruangan dalam rumah. Warna hijau dari tanaman akan membuat ruangan akan jauh lebih berbeda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com