Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membeli Seprai Baru

Kompas.com - 02/12/2020, 18:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak aspek yang dapat membantu Anda mewujudkan tidur yang berkualitas. Salah satunya adalah seprai yang digunakan untuk melapisi tempat tidur.

Seprai yang halus, lembut, dan memberi sirkulasi udara yang baik saat tidur akan membuat tidur Anda berkualitas. Oleh karena itu, cermatlah sebelum memilih dan membeli seprai.

Dilansir dari Reader's Digest, Rabu (2/12/2020), berikut hal yang perlu diketahui sebelum membeli seprai baru.

Baca juga: Simak, Panduan Feng Shui dalam Memilih Kasur dan Tempat Tidur

1. Pilih bahan katun

Menurut Roberson Keffer, VP fashion director of home di Macy's, katun adalah bahan alami yang mudah dicuci dengan mesin cuci dan menjamin sirkulasi udara.

"Katun serat panjang seperti Egyptian, Pima, dan Supima adalah yang paling kuat dan paling lembut," jelas Keffer.

Dia menjelaskan, serat katun yang lebuh panjang juga berarti kain tidak akan menggumpal, sehingga akan terasa lembut lebih lama.

Seprai katun yang disebutkan Keffer tersebut cenderung lebih mahal, jadi tidak masalah untuk mempertimbangkan polycotton, yang biasanya lebih terjangkau daripada 100 persen katun.

Baca juga: 5 Desain Tempat Tidur Minimalis yang Bisa Jadi Inspirasi

Linen juga merupakan serat alami yang bagus, menurut Keffer. Ini sangat ideal untuk musim panas karena bobotnya yang lebih ringan dan memiliki kemampuan bernapas, tetapi tidak mudah kusut, bahkan lebih dari katun.

2. Ketahui tenunannya

Meskipun tenunan kain pada seprai tidak terlihat dengan mata telanjang, seprai dapat ditenun dengan cara berbeda. Jenis tenunan memengaruhi kelembutan, tampilan, daya pakai, dan harganya.

3. Lihat hasil akhir kainnya

Seprai seringkali diberi bahan kimia untuk memastikan tidak kusut atau kehilangan bentuknya. Meskipun demikian, beberapa produsen membuat seprai katun organik dengan bebas bahan kimia.

Meskipun bahan organik mungkin lebih mudah kusut daripada alternatif kimiawi, banyak juga konsumen lebih memilih opsi organik.

Baca juga: 5 Ukuran Tempat Tidur yang Perlu Diketahui

"Ini adalah pilihan pribadi yang benar. Kami merekomendasikan untuk memegang langsung kain seprai dan memutuskan apa yang Anda sukai sebelum membeli," terang Keffer.

4. Pertimbangkan membeli ukuran lebih besar

Jika Anda memiliki kasur yang lebih tinggi dari ukuran standar, mungkin masuk akal untuk membeli seprai dengan ukuran lebih besar. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah memasangnya.

Pastikan untuk mengukur kasur sebelum membeli seprai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com