Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Mudah untuk Ciptakan Ruang Tamu yang Nyaman

Kompas.com - 16/11/2020, 09:48 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari sekian ruangan yang ada di rumah, ruang tamu seolah menjadi bagian 'sakral' bagi setiap pemilik rumah untuk menjamu tamu yang datang berkunjung.

Ruang tamu tertata dengan baik dan nyaman, itu akan menggambarkan hal positif secara keseluruhan bagi mereka yang datang ke rumahmu.

Oleh karena itu, sangat penting bagi pemilik rumah untuk menata ruang tamu sebagus dan senyaman mungkin. Tapi, bagaimana cara menghadirkan ruang tamu yang nyaman?

Baca juga: 5 Ide Pencahayaan di Ruang Tamu

Mari simak beberapa ide menciptakan ruang tamu yang lebih nyaman dan enak dipandang, dikutip dari berbagai sumber, Senin, (16/11/2020).

1. Manfaatkan cahaya alami

Cahaya alami sangat membantu dekorasi secara umum, dan itu juga bagus untuk menciptakan suasana yang lebih nyaman. Dalam hal ini kamu perlu memasang jendela besar yang akan menerangi seluruh ruangan, dan membantu ruang tamu terlihat lebih bagus secara keseluruhan.

Jika kamu tidak memiliki jendela besar, jangan khawatir. Dengan jendela berukuran normal kamu setidaknya akan dapat menikmati sedikit cahaya alami pada suatu saat dalam sehari.

Cara lain untuk mendapatkan lebih banyak cahaya untuk ruang tamu yang nyaman adalah dengan mengecat dinding dengan warna putih dan menghindari furnitur berwarna gelap.

Baca juga: 5 Ide Mempercantik Ruang Tamu dengan Bantal Sofa

2. Pilih kain kasar

Ketika lampu gantung dan sofa telah dimiliki, kamu perlu memilih jenis kain yang tepat untuk tirai, karpet permadani, dan sarung kursi bantal dekoratif.

Pilih item yang memiliki tekstur seperti kain velvet atau kain chenille yang dapat membantu menambahkan nada hangat ke ruangan mana pun.

Untuk gorden, kamu akan lebih baik dengan pilihan yang lebih tebal yang akan membantu menciptakan rasa nyaman. Tapi, pastikan mereka membiarkan sinar matahari masuk.

Selanjutnya pemilihan karpet permadani. Karpet adalah bagian dekorasi yang menarik, terutama di area di mana musim hujan melanda.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com