Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/11/2020, 07:04 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perilaku kucing kerap menggemaskan, namun kerap sulit dimengerti apa maksudnya.

Salah satunya adalah kebiasaan kucing peliharaan yang seringkali duduk di atas keyboard laptop yang sedang digunakan pemiliknya.

Polah kucing suka duduk di laptop ini kerap kali membuat kita kewalahan, apalagi jika badan kucing tak sengaja memencet tombol keyboard atau saat kita harus menghadiri rapat virtual maupun membalas e-mail.

Baca juga: Kenapa Kucing Suka Menggaruk Sofa dan Karpet? Ini Penjelasannya

Risiko terburuknya adalah laptop bisa saja jatuh karena tertiban oleh badan kucing.

Nah, sebetulnya apa alasan kucing suka duduk di laptop? Apakah ini cara kucing menarik perhatian kita atau sekadar mencari kenyamanan?

“Banyak kucing duduk di tempat seperti keyboard dan laptop karena mereka berada di dekat orang favoritnya dan dapat menjadi pusat perhatian mereka,” kata Marilyn Krieger, konsultan perilaku kucing bersertifikat dan penulis Naughty No More! Changing Unwanted Behaviors through Positive Reinforcement, seperti dikutip dari Reader's Digest, Jumat (13/11/2020). 

“Biasanya orang memperkuat perilaku kucing tersebug dengan membelai kucing dan/atau berbicara dengannya. Kucing dengan cepat belajar bahwa ketika mereka duduk di atas keyboard, mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan, (yaitu) perhatian," imbuh Krieger.

Ilustrasi kucing duduk di laptop.SHUTTERSTOCK/EVA MONTANA Ilustrasi kucing duduk di laptop.

Jika perilaku kucing duduk di laptop ini benar-benar mengganggu, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Namun, pastikan kamu tidak melakukan hal-hal yang dibenci kucing.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com