Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Zelensky Sebut Ukraina Akan Kalah Perang jika Kongres AS Tahan Bantuan

Kompas.com - 08/04/2024, 08:25 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

 

KYIV, KOMPAS.com - Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Minggu (7/4/2024) mengatakan, negararanya akan kalah dalam perang melawan Rusia jika Kongres Amerika Serikat (AS) tidak menyetujui paket bantuan militer besar.

Ukraina sendiri telah berulangkali membuat seruan agar Washington mulai mengirimkan paket bantuan senilai 60 miliar dollar AS yang telah diblokir oleh Partai Republik di Kongres selama berbulan-bulan.

"Penting untuk secara khusus mengatakan kepada Kongres bahwa jika Kongres tidak membantu Ukraina, Ukraina akan kalah dalam perang," kata Zelensky dalam sebuah pertemuan video. 

Baca juga: Zelensky Segera Tetapkan Tanggal Pertemuan Perdamaian Dunia di Swiss

Ia menambahkan, akan sulit bagi Ukraina untuk "bertahan" tanpa bantuan tambahan dari Amerika Serikat.

"Jika Ukraina kalah perang, negara-negara lain akan diserang," ucapnya.

Pernyataannya datang ketika pasukan Rusia tengah meningkatkan tekanan di Ukraina.

Militer Ukraina pun mengakui bahwa pertempuran di sekitar kota garis depan Chasiv Yar berjalan sulit dan menegangkan, tetapi menegaskan bahwa pasukannya sedang melakukan perlawanan.

Chasiv Yar berjarak kurang dari 30 kilometer dari Kramatorsk, sebuah pusat kereta api dan logistik yang penting bagi tentara Ukraina.

"Situasinya cukup sulit dan menegangkan," kata Oleg Kalashnikov, Juru Bicara Brigade Militer Ukraina yang dikerahkan di daerah tersebut.

Menurutnya, Rusia menggunakan serangan infanteri dan udara.

Baca juga:

"Rusia mencoba melakukan serangan langsung ke kota kecil Bogdanivka dan Ivanivske, di luar Chasiv Yar," ungkapnya, sebagaimana dikutip dari AFP.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com