Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6.000 Warga Korsel Beri Perpisahan untuk Fu Bao, Panda yang Pulang ke China

Kompas.com - 04/04/2024, 11:00 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

SEOUL, KOMPAS.com - Ribuan warga Korea Selatan pada Rabu (3/4/2024) memberi salam perpisahan kepada Fu Bao, panda raksasa pertama yang lahir di "Negeri Ginseng" dan dijadwalkan pulang ke China.

Fu Bao pulang dengan kendaraan non-getaran berteknologi tinggi yang biasanya dipakai untuk mengangkut bahan semikonduktor.

China sejak lama menggunakan "diplomasi panda" sebagai bentuk soft power. Induk Fu Bao yaitu Ai Bao dan Le Bao dihadiahkan ke Korsel pada 2016 oleh Presiden China XI Jinping.

Baca juga: Cerita WNI Asal Surabaya Ikut Garap Kung Fu Panda 4, Kerjakan Adegan Tersulit

Adapun Fu Bao—yang artinya harta karun pemberi kebahagiaan—lahir pada 2020 dan menjadi panda populer di Korsel. Videonya di kanal YouTube kebun binatang Everland mendapat total sekitar 500 juta views.

Everland mengungkapkan, sekitar 5,5 juta orang atau kira-kira sepersepuluh penduduk Korsel pernah mengunjungi taman hiburan itu untuk melihatnya.

Berkat popularitas Fu Bao, jumlah pengunjung Panda World di Everland tahun lalu meningkat dua kali lipat menjadi 2,15 juta, dibandingkan dengan 1,07 juta pada 2020 sebelum kedatangan si panda.

Fu Bao tahun lalu memiliki adik kembar bernama Rui Bao dan Hui Bao, yang kelahirannya juga disambut gembira oleh warganet Korea Selatan.

Dikutip dari kantor berita AFP, China hanya meminjamkan panda ke kebun binatang di luar negeri dan biasanya keturunannya harus dipulangkan dalam beberapa tahun setelah lahir agar bisa mengikuti program pembiakan di "Negeri Tirai Bambu".

Berdasarkan perjanjian Seoul dan Beijing, induk Fu Bao boleh tinggal di Korea Selatan sampai 2031, tetapi saudara kembar Fu Bao—termasuk dia sendiri—harus pulang ke China sebelum berusia empat tahun.

Baca juga: Anak Panda Ini Terlihat Asyik Main Salju untuk Pertama Kalinya

“Fu Bao meninggalkan Everland sekitar pukul 11 pagi,” kata pihak kebun binatang, seraya menambahkan bahwa panda itu akan berangkat ke China melalui Bandara Internasional Incheon dengan pesawat sewaan.

Sebelum meninggalkan Everland, perpisahan Fu Bao dihadiri sekitar 6.000 penggemarnya di Korea Selatan dalam seremoni singkat.

Penjaga kebun binatang yakni Kang Cheol-won, yang terkenal karena kedekatannya dengan panda-panda Everland dan sering disebut sebagai "kakek" mereka, membacakan surat di seremoni itu.

Kang menemani perjalanan Fu Bao ke China sampai si panda tiba di Pangkalan Panda Shenshuping di Provinsi Sichuan, kata Everland.

"Kamu akan selamanya menjadi bayi panda (ku), bahkan setelah 10 atau 100 tahun. Terima kasih sudah datang kepada kakek. Aku mencintaimu Fu Bao," kata Kang dalam suratnya.

Baca juga: China Menanti Kepulangan Ya Ya, Panda yang Diduga Diperlakukan Buruk oleh Kebun Binatang AS

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com