Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Mayoritas Wanita Korea Selatan Saat Ini Tak Ingin Punya Anak?

Kompas.com - 02/03/2024, 12:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber DW

SEOUL, KOMPAS.com - Ketika dia masih muda, Hyobin Lee sangat ingin menjadi seorang ibu. Namun, ada saatnya dia harus mengambil keputusan sulit.

Pada akhirnya, dia memilih kariernya daripada berkeluarga dan sekarang menjadi akademisi yang sukses di kota Daejeon, Korea Selatan.

Lee, yang kini berusia 44 tahun, hanyalah satu dari jutaan wanita Korea yang secara sadar mengambil keputusan untuk tidak memiliki anak, yang mengakibatkan tingkat kesuburan negara tersebut turun ke rekor terendah baru.

Baca juga: Polisi Korea Selatan Gerebek Kantor Asosiasi Medis Terkait Aksi Mogok Dokter

Dilansir dari DW, tingkat kesuburan atau jumlah rata-rata kelahiran per wanita, menyusut menjadi 0,72 tahun lalu.

Menurut statistik awal pemerintah yang dirilis, angka ini turun dari 0,78 pada tahun sebelumnya dan melanjutkan penurunan tahunan bertahap sejak tahun 2015.

Angka tersebut jauh di bawah 2,1 anak yang dibutuhkan untuk mempertahankan populasi Korea Selatan, dengan hanya 230.000 anak yang lahir tahun lalu.

Ini mengisyaratkan bahwa total populasi negara tersebut akan turun menjadi sekitar 26 juta, setengah dari total populasi saat ini, pada tahun 2100.

“Ketika saya masih muda, saya bermimpi memiliki seorang putra yang mirip dengan saya,” kata Lee. "Saya ingin bermain dengannya, membaca bersama, dan menunjukkan kepadanya banyak hal tentang dunia. Namun, saya menyadari bahwa kenyataannya tidak sesederhana itu."

“Saya memilih untuk tidak memiliki anak karena karier saya,” katanya. "Memiliki dan membesarkan anak akan menimbulkan masalah bagi karier saya dan saya khawatir saya akan membenci anak tersebut karena alasan itu. Dan sebagai konsekuensinya, baik saya maupun anak tersebut tidak akan bahagia."

Kesuksesan karier di masyarakat Korea yang didominasi laki-laki adalah salah satu alasan banyak perempuan memilih untuk tidak memiliki anak, tetapi masih banyak lagi, kata Lee.

Baca juga: Krisis Dokter Korea Selatan, Ada Apa Sebenarnya?

“Masalah ekonomi memainkan peran penting dan meskipun berbagai kebijakan persalinan dirancang untuk mendukung perempuan, langkah-langkah ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya,” katanya.

Cuti sebagai orangtua, misalnya, menurut undang-undang tersedia bagi laki-laki dan perempuan, tetapi sebagian besar dirasakan dan dimanfaatkan oleh perempuan.

Hanya 1,3 persen laki-laki Korea yang menggunakan hak cuti sebagai orangtua, dibandingkan dengan rata-rata 43,4 persen di 38 negara bagian Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD).

Hal ini berarti bahwa perusahaan-perusahaan Korea enggan untuk mempekerjakan perempuan muda.

Mereka takut bahwa mereka akan berinvestasi dalam pelatihan karyawan baru, dan perempuan tersebut malah berhenti bekerja setelah dia hamil dan kemudian fokus menjadi ibu penuh waktu daripada kembali bekerja.

Baca juga: Korea Selatan Minta Para Dokter Kembali Bekerja Paling Lambat Akhir Februari, jika Tidak...

“Di Korea, masih ada budaya umum yang percaya bahwa melahirkan anak dan semua aspek pengasuhan anak adalah tanggung jawab perempuan,” tambah Lee. “Tantangan dalam mengelola persalinan dan pengasuhan anak secara bersamaan sangatlah berat sehingga banyak perempuan memilih untuk tidak memiliki anak sama sekali. Hal ini juga berlaku bagi saya.”

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com